Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Coba PSBB di Makassar, Masih Banyak Warga yang Keluar

Kompas.com - 21/04/2020, 22:38 WIB
Himawan,
Khairina

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Menjelang pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada 24 April 2020 mendatang, sebagian warga di Kota Makassar, Sulawesi Selatan masih belum menaati imbauan untuk menerapkan social distancing.

Di beberapa titik seperti bank, pusat perbelanjaan serta jalan raya, masih banyak warga yang berkumpul hingga lebih dari 5 orang.

Faisal (25), salah satu warga yang turut keluar rumah mengatakan masih ada sejumlah jalan di Makassar yang dipadati kendaraan bermobil. 

Baca juga: Berkerumun Saat PSBB Makassar Disebut Ikut Sebarkan Covid-19 dan Bisa Dipidana

Dia mengaku keluar rumah untuk mengantar saudaranya ke salah satu bank di Makassar.

Saat tiba di sana, dia menyaksikan puluhan warga berada di halaman kantor tersebut.

"Sekitar pukul 11 siang tadi. Awalnya saya mau masuk tapi karena banyak orang jadi saya sama saudara balik ke rumah," kata Faisal kepada Kompas.com melalui pesan singkat, Selasa (21/4/2020).

Baca juga: PJ Wali Kota Makassar Optimistis PSBB Bisa Tekan Wabah Corona

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Makassar Ismail Hajiali mengakui sehari uji coba PSBB dilakukan, masih ada beberapa tempat usaha seperti warung kopi atau warkop yang buka dan dipadati warga.

Selain itu, beberapa jalan utama di Makassar juga masih ramai. Dia juga mengatakan ada juga rumah makan yang masih melayani pembeli di tempatnya.

"Kesadaran warga untuk memakai masker masih sangat minim. Pasar juga buka lebih dari batas jam operasional (jam 12.00) yang sudah ditetapkan," ujar Ismail.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com