Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Siswi SD di Sikka Bongkar 3 Celengan untuk Beli APD Tenaga Medis

Kompas.com - 20/04/2020, 06:30 WIB
Nansianus Taris,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

MAUMERE, KOMPAS.com - Kanayah, seorang siswi sekolah dasar (SD) kelas 3 di Maumere, Kabupaten Sikka, NTT rela menyumbangkan uang tabungannya untuk diberikan kepada tenaga medis untuk beli alat pelindung diri (APD). 

Sabtu, (18/4/2020), ia datang bersama ayahnya ke Caritas Keuskupan Maumere untuk menyerahkan 3 celengan berisikan uang tabungannya itu. 

Tiba di Caritas Keuskupan Maumere, celengan Kanayah pun dipecahkan. Kemudian, uangnya dihitung. Dari 3 celengan itu nominal uangnya bervariasi. Ada yang Rp 1.000, Rp 20.000, dan Rp 50.000. 

Setelah dihitung, uang tabungannya dari tiga celengan itu berjumlah Rp 741.500. 

Baca juga: Bongkar Celengan Bantu Tenaga Medis, 2 Bocah SD Diundang Ridwan Kamil

"Saya sedih membaca berita di internet dan televisi, ada tenaga medis yang menangani pasien virus Corona tanpa alat pelindung diri. Saya bayangkan, perawat dan dokter rentan ertular virus Corona kalau tidak pakai APD. Apalagi saya dengar, petugas di sini masih kekurangan APD. Makanya saya terdorong untuk sumbangkan uang tabungan untuk para tenaga medis," ungkap Kanayah kepada sejumlah awak media, Sabtu siang. 

Kanayah mengaku, awalnya uang itu ditabung untuk beli koper mainan. Tetapi, dengan mewabahnya virus corona, ia rela dan iklas menyumbangkan uang tabungan itu untuk beli APD para tenaga medis. 

Baca juga: Kisah Bocah 9 Tahun Sumbangkan Tabungannya untuk APD Petugas Medis

Ajak berbagi ke sesama

Kanayah mengungkapkan, saat niatnya itu muncul, ia langsung menyampaikan kepada orang tuanya. Orang tuanya pun mendukung niat baik Kanayah. 

Kanayah pun mengajak siswa-siswa lain di Kabupaten Sikka agar meyumbangkan uang jajan untuk orang-orang yang membutuhkan. 

"Mari kita saling berbagi kepada sesama. Membagi itu tidak harus dari kelebihan kita. Bisa juga berbagi dari kekurangan," ungkap Kanayah. 

Baca juga: Siswa SD di Kendari Sumbangkan Tabungannya untuk Tenaga Medis Corona

Sementara itu, Robert, ayah dari Kanayah mengaku terharu dengan niat baik anaknya itu menyumbangkan uang tabungan untuk beli APD tenaga medis di Sikka. Niatnya itu spontan muncul setelah menonton berita di televisi dan membaca berita di internet. 

Awalnya, ia bersama sang isteri mengaku kaget mendengar penyampaian dari sang anak perempuan mereka itu. 

"Kami terharu sekali. Selama ini, dia selalu meminta kami untuk segera mengantarkan uang ini ke sini. Makanya, hari ini saya antar dia ke sini," ujar Robert. 

Baca juga: Musisi Lokal Ngamen via Medsos, Kumpulkan Uang untuk Beli APD

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com