Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Warga Positif Corona, Palembang Resmi Jadi Zona Merah

Kompas.com - 17/04/2020, 20:44 WIB
Aji YK Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

 

PALEMBANG, KOMPAS.com - Kota Palembang resmi diumumkan sebagai lokasi zona merah penyebaran Covid-19 di Sumatera Selatan setelah diketahui adanya kasus transmisi lokal.

Gugus Tugas Penganan Covid-19 Sumatera Selatan mencatat, 15 orang yang merupakan warga Palembang terjangkit virus corona

Baca juga: Update Corona 17 April di Sumsel: Pasien Positif Melonjak Jadi 54 Orang

Setelah dilakukan tracing, kasus mereka merupakan jenis lokal yang mana artinya penularan di satu tempat.

"Dengan sendirinya, adanya penambahan kasus transmisi lokal yang signifikan terjadi, wilayah Palembang sudah berada di zona merah," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan, Ahmad Zen saat menggelar konferensi pers yang disiarkan secara langsung, Jumat (17/4/2020).

Zen mengatakan, total penambahan kasus di wilayah Sumsel hari ini sebanyak 17 kasus.

Di mana 15 di antaranya merupakan transmisi lokal, sementara dua kasus berasal dari Banyuasin dan Bandung, Jawa Barat.

Dengan ditetapkannya Palembang sebagai zona merah, maka semua orang yang mengalami satu keluhan seperti demam akan otomatis menjadi orang dalam pemantauan (ODP).

"Semua orang dengan keluhan satu saja, demam atau batuk, maka orang itu adalah ODP. Tapi kalau dia ada dua keluhan atau lebih, maka orang itu disebut PDP," jelasnya.

Selain itu, Zen meminta kepada masyarakat untuk tetap waspada dan terus melakukan pola hidup sehat agar penyebaran Covid-19 dapat diputus dengan mengurangi perkumpulan.

"Masyarakat diimbau lebih baik di rumah. Pergi kalau ada keperluan, gunakan masker, jaga kesehatan, istirahat yang cukup, kalau ini dilakukan, kasus Covid-19 akan cepat turun," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya,Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan kembali mengumumkan adanya penambahan kasus konfirmasi positif baru sebanyak 17 orang, Jumat (17/4/2020).

Sehingga, jumlah kasus positif corona di Sumatera Selatan yang sebelumnya 37 orang kini bertambah menjadi 54 orang.

Selain itu, untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) saat ini sebanyak 2.338 orang dengan rincian 1.797 dinyatakan selesai, serta 541 masih dalam pemantuan.

Baca juga: Ruang RS Penuh, 3 Pasien Positif Corona di Palembang Jalani Isolasi di Rumah

Kemudian untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 88 orang dengan rincian 59 dinyatakan negatif dan 29 masih menjalani perawatan.

Sementara, sampel yang diperiksa di laboratorium BBLK Palembang sebanyak 269 orang. Dari total tersebut, 54 orang positif dan 98 orang negatif. Sedangkan 117 orang masih dalam proses pemeriksaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com