Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plt Gubernur Kepri: Tingkat Kesembuhan Pasien Corona Naik Signifikan

Kompas.com - 16/04/2020, 18:53 WIB
Hadi Maulana,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Ketua Tim Gugus Tugas Pecepatan Penanganan Covid 19 Kepulauan Riau (Kepri) yang juga Plt Gubernur Kepri, Isdianto mengatakan, update untuk hari ini, Kamis (16/4/2020), kasus positif virus corona atau Covid-19 saat ini bertambah menjadi 35 kasus.

Sebelumnya, kasus positif Covid-19 di Kepri sebanyak 32 kasus, dan mengalami penambahan tiga kasus sehingga totalnya menjadi 35 kasus.

Penambahan tiga kasus tersebut masing-masing terdiri dari dua kasus warga Tanjungpinang dan satu kasus warga Batam.

“Penambahan ini menjadikan pasien positif di Batam berjumlah 18 kasus dan Tanjungpinang menjadi 16 kasus, sementara di Kabupaten Karimun tetap satu kasus,” kata Isdianto melalui telepon, Kamis (16/4/2020).

Baca juga: 46 Hotel di Kepri Tutup akibat Wabah Virus Corona

Untuk memutus mata rantai sebaran wabah Covid-19 di Kepri, Isdianto meminta peran serta seluruh masyarakat Kepri agar selalu disiplin mengikuti instruksi dan arahan pemerintah terkait pencegahan penularan.

"Tetap disiplin menjaga jarak, jangan keluar rumah jika tidak perlu, kenakan masker jika memang mendesak untuk keluar serta jaga kesehatan dengan hidup sehat dan berolahraga," jelas Isdianto.

Tingkat kesembuhan naik

Lebih jauh Isdianto mengaku dirinya juga terus memberikan motivasi kepada para tenaga medis yang hingga kini terus berjuang merawat para pasien Covid-19 di Kepri.

Apalagi pertambahan kasus positif setiap hari selalu ada. Meski begitu, pasien yang sembuh memberi harapan bahwa Kepri akan menang melawan Covid-19.

"Tingkat kesembuhan terkait pasien Covid-19 di Kepri hingga kini mengalami peningkatan yang signifikan, berkat kerja keras para tenaga medis dan dukungan serta doa semua pihak," terang Isdianto.

Tidak saja kasus positif yang terus bertambah di Kepri, lanjut Isdianto, PDP, ODP dan OTG di Kepri juga terus mengalami peningkatan.

Termasuk jumlah reaktif hasil rapit test dari PDP, dari 233 kini menjadi 243 orang di Kepri. Sementara jumlah ODP dari 2.338 menjadi 2.360 di Kepri.

ODP capai 1.085 orang

Lebih jauh Isdianto mengatakan, kenaikan signifikan pada orang tanpa gejala (OTG) rata-rata terjadi pada orang dalam pemantauan (ODP), di mana dari sebelumnya 980 orang, saat ini meningkat menjadi 1.085 orang.

“Ada kenaikan signifikan sebesar 105 orang. OTG terbanyak tetap di Batam dan Tanjungpinang. Di Batam berjumlah 547 dan Tanjungpinang 382,” jelas Isdianto.

Baca juga: Plt Gubernur Kepri Tunggu Pengajuan PSBB dari Kabupaten Kota

Selaku Ketua Tim Gugus Tugas Provinsi Kepri, Isdianto mengatakan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan tujuh kabupaten dan kota lainnya yang ada di Kepri, mendata segala kebutuhan yang diperlukan selama kondisi seperti sekarang ini.

"Mari kita bersama-sama melawan corona ini, karena dengan kebersamaan kita yakin, insya Allah, virus tersebut akan segera hilang di bumi Kepri ini," pungkas Isdianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com