Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenaskan, Seekor Gajah Sumatera Mati dengan Belalai Terpotong, Ini Penjelasan BKSDA Riau

Kompas.com - 16/04/2020, 16:27 WIB
Michael Hangga Wismabrata

Editor

KOMPAS.com - Seekor gajah sumatera liar ditemukan mati dengan konisi belalai terpotong di Kelurahan Kelayang, Kecamatan Kelayang, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Suharyono mengatakan, kasus tersebut dia terima pada Rabu (15/4/2020), pukul 14.12 WIB.

"Kami menerima laporan dari Bhabinkamtibmas Polsek Kelayang terkait adanya seekor gajah yang mati," ujar Suharyono dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (16/4/2020).

Baca juga: Seekor Gajah Sumatera Mati Dibunuh di Riau, Belalainya Dipotong

Berdasarkan hasil dokumentasi, Suharyono menjelaskan, kondisi bagian depan kepala gajah terdapat sayatan benda tajam.

Namun, kondisi belalai gajah sudah terpotong dan bagian belalai lainnya masih berada di sekitar bangkai gajah tersebut.

"Atas laporan ini, tim berangkat ke lokasi bersama anggota Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Riau untuk menyelidiki kematian gajah," kata Suharyono.

Diduga terlepas dari kawanan

Berdasar penyelidikan sementara, Suharyono menjelaskan, gajah yang mati dibunuh ini diduga terpisah dari kawanannya yang ada di kantong gajah Tesso Tenggara.

"Gajah tunggal ini beberapa kali memasuki area pemukiman atau perkebunan masyarakat, yang merupakan bagian dari wilayah jelajah (home range) gajah tersebut," kata Suharyono.

Sementara itu, menurut BBKSDA, pihaknya sudah beberapa kali melakukan upaya penghalauan bersama masyarakat sejak Juni 2019 sampai April 2020.

Namun, pada saat dilakukan penghalauan, tim mengalami kendala. Salah satunya masih ada beberapa warga desa yang kurang kooperatif.

Libatkan polisi lakukan sosialisasi

Untuk mengantisipasi tindakan warga yang membahayakan gajah, saat itu tim BBKSDA Riau dan kepolisian melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Gajah tersebut diduga telah dibunuh oleh manusia. BBKSDA Riau mengutuk keras tindakan pembunuhan satwa liar gajah sumatera tersebut.

"Kami bersama dengan penegak hukum akan melakukan penyelidikan terhadap kejadian ini. Untuk kepentingan penyelidikan dan penyidikan, barang bukti akan diamankan di BBKSDA Riau," kata Suharyono.

(Penulis: Kontributor Pekanbaru, Idon Tanjung | Editor: Abba Gabrillin)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com