Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

42 PDP di Kalbar Jalani Rapid Test, Hasilnya 12 Orang Positif Covid-19

Kompas.com - 16/04/2020, 16:18 WIB
Hendra Cipta,
Dony Aprian

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji mengatakan, sebanyak 42 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) telah menjalani rapid test.

Hasilnya, 12 orang dinyatakan reaktif atau positif Covid-19.

Sebagaimana diketahui, sampel lendir tenggorokan seluruh PDP di Kalbar tersebut sudah dikirim ke Jakarta.

“Insya Allah mereka akan terbebas dari keterjangkitan atau bisa sembuh, asal ikuti anjuran dokter,” kata Sutarmidji dalam keterangan tertulisnya usai membuka rapat koordinasi teleconference bersama Dewan Pimpinan Wilayah LDII Provinsi Kalbar, Kamis (16/4/2020).

Baca juga: BBPOM Pontianak Sita 10 Dus Obat Formav-D yang Diklaim Sembuhkan Covid-19

Dalam rapat tersebut, Sutarmidji meminta Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) di Kalbar berperan besar membantu pemerintah menanggulangi Covid-19.

LDII Kalbar, lanjutnya, diharapkan mencerahkan masyarakat agar tak lagi memperdebatkan pembatasan shalat berjamaah, termasuk shalat Jumat di masjid yang kini ditunda untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Saya berharap LDII yang punya anggota lebih dari seratus ribu orang Se Kalbar ini, mengambil peran, kaitan beda pendapat masalah Jumatan, masalah sholat Tarawih,” ujar Sutarmidji.

Dia juga mengimbau para tokoh LDII Kalbar maksimal membantu pemerintah mengedukasi masyarakat di tengah darurat kesehatan, akibat ancaman corona.

“Tolong diberi pemahaman. Dan saya rasa, Pak Kiai dan pembina serta guru-guru di LDII, bisa memberikan pencerahan. Minimal kepada anggotanya dan masyarakat sekitarnya, tentang bagaimana dan apa hukumnya sehingga masyarakat tidak lagi bertanya-tanya,” ucapnya.

Baca juga: Tambah 8, Pasien Positif Covid-19 di Kalbar Jadi 21 Orang

Sementara itu, sejak virus corona mewabah dan menjadi pandemi hingga Kamis (16/4/2020) pukul 08.00 WIB, terdapat 21 orang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kalimantan Barat.

Dari jumlah tersebut, enam sembuh, tiga meninggal dunia, dan 12 pasien masih diisolasi di rumah sakit.

Kemudian terdapat 48 PDP Covid-19 yang tengah diisolasi di sejumlah rumah sakit serta tempat isolasi lainnya sambil menunggu keluarnya hasil uji laboratorium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com