Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter Spesialis Paru-paru Positif Covid-19 di Kalsel Meninggal

Kompas.com - 15/04/2020, 21:53 WIB
Andi Muhammad Haswar,
Khairina

Tim Redaksi


BANJARMASIN, KOMPAS.com - Dua pasien positif Covid-19 di Kalimantan Selatan (Kalsel) meninggal dunia.

Satu di antara 2 pasien tersebut adalah seorang dokter spesialis paru-paru yang sehari-hari bekerja di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin.

Dia diduga terjangkit Covid-19 saat terlibat menangani dan merawat pasien positif Covid-19 di tempatnya bekerja.

Baca juga: Lebih dari 20 Dokter Meninggal Selama Pandemi Covid-19

Sebelum meninggal dunia, pasien dengan inisial HZ itu sudah sepekan menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Ulin Banjarmasin.

HZ merupakan warga Banjarmasin berusia 75 tahun dan cukup dikenal sebagai dokter senior di Kalsel.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid 19 Kalsel, M Muslim mengatakan, pasien dengan kode KS Covid 38 itu meninggal dunia pada Rabu pagi.

"Kami informasikan bahwa yang terkonfirmasi positif meninggal dunia sebanyak 2 orang, termasuk KS Covid 38 yang meninggal dunia pada Rabu pagi tadi," ujar Muslim dalam keterangan persnya, Rabu (15/4/2020) petang.

Selain menyampaikan kabar bertambahnya jumlah pasien meninggal dunia, Muslim juga mengumumkan pertambahan jumlah pasien yang terkonfirmasi positif.

Saat ini, lanjut Muslim, total terdapat 49 kasus pasien positif Covid 19 di Kalsel atau bertambah sebanyak 12 kasus dibanding hari sebelumnya yang hanya berjumlah 37 kasus.

"Saat ini yang terkonfirmasi positif total ada 49 kasus, baik yang dirawat maupun pasien yang saat ini menjalani isolasi mandiri, atau ada penambahan sekitar 12 kasus," tambahnya.

Baca juga: 19 Dokter Meninggal Selama Pandemi Covid-19, IDI Rekomendasikan Platform Telemedicine

Pertambahan kasus pasien positif Covid-19, ungkapnya, disebabkan beberapa pasien yang sebelumnya hanya berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) naik statusnya menjadi positif setelah hasil laboratorium keluar.

Selain itu, terdapat juga 7 pasien baru yang diketahui pernah kontak erat dengan orang dari klaster Gowa, Sulawesi Selatan.

"Terdiri dari 2 meninggal, kemudian 3 peningkatan dari PDP, 2 dari RSUD Ulin dan 1 orang dari Rumah Sakit Ansyari Saleh, serta 7 orang yang pernah kontak erat dengan orang dari cluster Gowa," ungkapnya.

Dikatakan Muslim, seluruh pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 ini dirawat di berbagai rumah sakit di Kalsel.

Sementara, 13 orang lainnya memilih melakukan isolasi mandiri dengan pengawasan ketat petugas kesehatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com