Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPDATE: Pasien Positif Covid-19 di Sumut Bertambah Jadi 78 Orang, Terbanyak di Medan

Kompas.com - 15/04/2020, 20:22 WIB
Dewantoro,
Farid Assifa

Tim Redaksi

 

MEDAN, KOMPAS.com - Jumlah pasien positif corona atau Covid-19 di Sumatera Utara hingga hari ini, Rabu (15/4/2020) pukul 17.00 WIB, bertambah menjadi 78 orang.

Pasien positif corona paling banyak berada di Medan, yakni 58 orang.

Sementara itu, pasien positif corona yang sembuh bertambah menjadi 12 orang. 

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara, Mayor Kes dr Whiko Irwan mengatakan, sehari sebelumnya pasien positif berdasarkan metode PCR sebanyak 76 sebanyak orang, bertambah 2 orang menjadi 78 orang. 

"Sedangkan 24 orang dinyatakan positif melalui rapid test 24 orang," katanya saat konferensi pers via streaming YouTube milik Humas Sumut pada Rabu (15/4/2020) sore. 

Baca juga: Jumlah Positif Covid-19 Tembus 76 Orang, Sumut Jadi Pusat Penyebaran Baru

Sementara itu, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) kembali bertambah menjadi 28 orang dibandingkan hari sebelumnya yang berjumlah 101 orang.

"Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) hari ini menjadi 129 orang. Terdapat peningkatan sebanyak 28 orang dibandingkan hari kemarin," ujarnya. 

Selain itu, orang dalam pemantauan (ODP) pada hari ini sebanyak 2.387 orang mengalami penurunan dari hari sebelumnya, yakni 2.421 orang.

Jumlah pasien yang dinyatakan sembuh Covid-19 menjadi 12 orang. Jumlah ini bertambah 1 orang yang mana hari sebelumnya pasien sembuh Covid-19 sebanyak 11 orang. 

"Pasien sembuh bertambah 1 orang menjadi 12 orang. Sedangkan yang meninggal dunia sebanyak 9 orang," jelas Whiko.

Medan paling banyak

Informasi yang diperoleh, jumlah pasien positif Covid-19 di Sumut, paling banyak berasal dari Medan sebanyak 58 orang disusul Deli Serdang sebanyak 8 orang.

Baca juga: Pasien Positif Corona di Sumut Bertambah Jadi 72 Orang

 

Begitu halnya dengan PDP, terbanyak dari Medan sebanyak 66 orang. Diikuti Simalungun sebanyak 20 orang dan Deli Serdang sebanyak 11 orang PDP yang dirawat. 

"Untuk pasien yang dinyatakan positif Covid-19 akan dilakukan perawatan oleh tim medis. Tak hanya itu, pasien yang dinyatakan positif Covid-19 akan menjalani tes Swab secara berkala. Jika sudah dua kali secara berturut-turut hasilnya negatif, maka pasien tersebut dinyatakan sembuh dari Covid-19," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com