Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pasien Corona Tak Jujur, Satu Tenaga Medis Positif Covid-19

Kompas.com - 14/04/2020, 15:39 WIB
Idon Tanjung,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - AS (30) seorang tenaga medis di salah satu rumah sakit di Kabupaten Pelalawan, Riau, positif virus corona (Covid-19). AS tertular setelah mengobati dua orang pasien positif corona.

Juru Bicara Tim Penanganan Covid-19 Riau dr Indra Yovi mengatakan, AS sebelumnya mengobati dua orang positif corona, RBT (50) pasien ke-7 dan JG (58), pasien ke-9.

"Pasien AS memang memiliki riwayat perjalanan dari Semarang pada tanggal 15 Maret 2020. Tapi dia kontak erat dari pasien positif Covid-19, yakni RBT dan JG yang didapat dari hasil tracing," kata Yovi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (14/4/2020).

Baca juga: Terlanjur Tahlilan 7 Hari dan Mandikan Jenazah Positif Corona, Warga Kampung di Bogor Kritik Dinkes

Dokter spesialis paru ini menjelaskan, AS yang bertugas di salah satu rumah sakit di Pelalawan sempat melayani dua pasien positif corona, RBT dan JG, sebelum keduanya dibawa ke RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru.

Namun, pada saat dimintai keterangan terkait aktivitas sebelum adanya gejala sakit, RBT dan JG mengaku tidak punya riwayat perjalanan dari Jakarta.

Sehingga, petugas kesehatan, termasuk AS, melayani pasien dengan protokol standard atau bukan protokol penanganan pasien Covid-19. 

Ketidakjujuran kedua pasien ini berimbas kepada tenaga medis yang bertugas. AS akhirnya terkonfirmasi positif corona dan tercatat pasien ke-18. 

"Oleh karena itu, kami meminta masyarakat yang berobat ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk jujur, kooperatif, dan memberikan keterangan dengan sebenar-benarnya ketika dimintai keterangan medis karena ketidakjujuran dapat berakibat fatal," kata Yovi.

Dia juga mengimbau agar tidak merundung pasien RBT dan JG karena tidak jujur saat berobat. Namun, kejadian ini harus dijadikan pelajaran.

Sampai hari ini kasus positif Covid-19 di Riau tercatat 20 orang. Dua pasien di antaranya dinyatakan sembuh dan sudah dipulangkan, 16 pasien masih dirawat dan  2 pasien meninggal dunia.

Baca juga: PSBB di Pekanbaru, Ini Aturan Baru soal Jam Malam hingga Transportasi

Selain itu, pasien dalam pengawasan (PDP) yang masih dirawat berjumlah 124 orang. Sebanyak 109 orang sudah sembuh dan dipulangkan, sedangkan 19 pasien meninggal dunia. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com