Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Klaim Tak Ada Anak Sekolah di Jabar Terpapar Corona, Ini Kuncinya.

Kompas.com - 14/04/2020, 06:01 WIB
Agie Permadi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengklaim bahwa tidak ada anak-anak sekolah di Jawa Barat (Jabar) yang terpapar virus corona (Covid-19).

"Saya selalu mengimbau agar warga selalu disiplin karena terbukti dari hasil data hampir tidak ada anak-anak sekolah di Jabar yang kena Covid-19," kata pria yang akrab disapa Emil, di Mapolda Jabar, Senin (14/4/2020).

Menurutnya, anak-anak sekolah merupakan kelompok yang paling disiplin yang mengikuti arahan pemerintah dan gurunya untuk tinggal di rumah selama pandemi Covid-19 ini.

Baca juga: PSBB Kota Bandung Tinggal Tunggu Rekomendasi Ridwan Kamil

"Kenapa? Karena mereka ternyata kelompok yang paling disiplin, diam di rumah, ikut arahan gurunya tidak ke mana-mana, nah ini menunjukkan kuncinya memang semakin kita disiplin maka semakin covid-19 jauh dari kita," pungkas Emil.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat pun berencana menambah jumlah tes masif dan mengadakannya pekan depan.

Jika sebelumnya hanya dilakukan 140 pengetesan setiap harinya, pekan depan pemerintah menambahnya menjadi 1.200 pengetesan.

Baca juga: Gubernur Jabar Prediksi Juni Dekati Normal jika Warga Disiplin

PSBB Jabar

Sementara terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di lima daerah yakni Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi dan Kota Bekasi (Bodebek) akan dimulai pada 15 April mendatang.

Pihaknya optimistis penanggulangan Covid-19 di Jabar akan terkendali dan terukur, mengingat adanya kekompakan para pemangku kepentingan dalam menanggulangi virus yang telah memakan korban jiwa ini.

Semua tim di Jabar pun dikerahkan untuk memberikan edukasi dan konsekuensi terkait PSBB ini.

"Jadi kombinasi PSBB dengan kedisiplinan dan tes masif, itulah kunci kita akan menemukan peta-peta persebaran," pungkas Emil.

Seperti diketahui, Menteri Kesehatan telah mengirimkan surat persetujuan yang menyatakan bahwa lima provinsi di Jawa Barat disetujui melaksanakan PSBB.

Rencana penerapan ini akan dimulai tanggal 15 April 2020 hingga 14 hari ke depan.

Baca juga: Begini Teknis Penyaluran Bansos Saat PSBB di Jawa Barat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com