Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Napi Narkotika di Rutan Makassar yang Berstatus PDP Meninggal

Kompas.com - 13/04/2020, 09:29 WIB
Himawan,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com -Seorang narapidana kasus narkotika berinisial IBH dikabarkan meninggal dunia usai mengalami sakit saat berada di Rutan Kelas 1 Makassar, Sulawesi Selatan.

Kepala Rutan Kelas I Makassar Sulistiyadi mengatakan, IBH merupakan salah satu pasien yang dinyatakan pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19.

IBH sempat dirawat ke Rumah Sakit Bhayangkara Makassar sebelum dirujuk ke Rumah Sakit Dadi Makassar dan mengembuskan nafas terakhirnya di sana pada Sabtu (11/4/2020) malam.

Baca juga: Tujuh Petugas KKP di Bandara Makassar Positif Terjangkit Virus Corona

Saat dijemput dari Rutan, petugas medis menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap.

"Menurut laporan yang saya terima dari tim medis Rutan, Almarhum IBH ini memang pasien rawat jalan dengan diagnosis Diabetes Mellitus (DM) sejak Desember 2019, ada luka di betis kanan," kata Sulistyadi saat dikonfirmasi, Senin (13/4/2020).

Sejak 4 April 2020, IBH dirawat inap dengan keluhan lemas dan nafsu makan menurun hingga dijadikan status PDP oleh pihak rumah sakit.

Namun sampai meninggal dunia, rumah sakit belum sempat melakukan uji swab maupun rapid test kepada IBH.

"Pasien tidak sempat dilakukan pemeriksaan swab maupun rapid pada 2 rumah sakit rujukan karena memiliki riwayat penyakit DM sehingga berdasarkan SOP Rumah Sakit Dadi mengategorikannya PDP," imbuh Sulistyadi.

Baca juga: Rutan Makassar Bantah Pria yang Curi Uang di Warung Eks Napi Asimilasi

Saat ini, IBH sudah dimakamkan di lahan pemakaman umum yang disediakan pemerintah provinsi Sulawesi Selatan bagi orang yang meninggal dengan status positif maupun PDP Covid-19 di Kelurahan Macanda, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Pihak keluarga, kata Sulistyadi sudah menerima kematian IBH. Sulistyadi juga mengatakan, kondisi Rutan Makassar saat ini masih stabil.

"Kami juga sudah melakukan serah terima jenazah dengan pihak keluarga dan diterima dengan baik. Saat ini Rutan dalam situasi yang kondusif," tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com