Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Sepekan RSU Datu Beru Takengon Tidak Kedatangan ODP Corona

Kompas.com - 12/04/2020, 07:52 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

TAKENGON, KOMPAS.com - Rumah sakit rujukan corona atau Covid-19 di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh, yakni RSU Datu Beru Takengon, tidak lagi kedatangan Orang Dalam Pemantauan (ODP) corona sejak sepekan terakhir. 

Menurut keterangan pihak rumah sakit, sebanyak 14 ODP corona sudah pulang. Selain itu, empat pasien berstatus karantina rumah. 

Hal itu disampaikan Direktur BLUD RSU Datu Beru Takengon dr Hardi Yanis, melalui pesan singkat ke Kompas.com, Sabtu (11/4/2020).

Rumah sakit yang menjadi rujukan di wilayah tengah Aceh itu sudah menyiapkan sedikitnya 6 ruang isolasi dan 17 ruang tambahan untuk pasien rujukan dari daerah Pegasing, Aceh Tengah.

Baca juga: Penjelasan BMKG Soal Fenomena Puting Beliung Aneh di Danau Laut Tawar Aceh Tengah

"Kita bersyukur, sejauh ini belum ada pasien yang dirawat inap lagi karena seminggu lalu sudah kosong, sejak 14 pasien ODP sudah pulang, dan empat pasien saat itu berstatus karantina rumah," kata dr Hardi Yanis. 

Menurutnya, meski semua pasien yang pernah dirawat diindikasikan negatif corona, namun seluruhnya tetap diawasi petugas medis di puskesmas masing-masing.

"Walaupun mereka sudah pulang, sebagian besar tetap diawasi selama hitungan hari. Mereka tetap karantina rumah," jelas dokter Hardi.

Baca juga: Seluruh ODP Corona di Aceh Tengah Dinyatakan Negatif

Pasien dari Bener Meriah bukan ODP

Dia mengakui ada seorang pasien dari Kabupaten Bener Meriah yang diduga terpapar corona sempat dirawat di RSU Datu Beru Takengon beberapa hari yang lalu.

Namun setelah dilakukan pemeriksaan medis selama empat hari, termasuk dengan menggunakan pemeriksaan dengan alat rapid test, pasien tersebut diindikasikan bukan terpapar virus Covid-19.

Sementara itu Kabupaten Bener Meriah yang bersebelahan dengan Aceh Tengah lanjutnya, merupakan salah satu daerah yang belum memiliki kelengkapan ruang isolasi.

Maka RSU Datu Beru juga menampung pasien yang berasal dari daerah yang dimekarkan dari Aceh Tengah itu.

"Kita di RSU Datu Beru punya 6 kamar isolasi Covid-19 selain yang dipersiapkan di RSU Pegasing untuk pasien yang statusnya sewaktu-waktu bisa meningkat, berasal dari wilayah tengah Aceh, termasuk Bener Meriah," tambah dr Hardi Yanis.

Baca juga: Kesaksian Warga Lihat Puting Beliung Aneh di Danau Laut Tawar Aceh Tengah: Suara Gemuruh Hilang Saat Azan Magrib

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com