Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Pasien Positif Corona Berbohong Saat Diperiksa hingga 76 Pegawai RSUD Harus Jalani Rapid Test

Kompas.com - 11/04/2020, 11:38 WIB
Setyo Puji

Editor

KOMPAS.com - Sebanyak 76 pegawai di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soedjati Soemdiardjo Purwodadi, Grobogan, Jawa Tengah, terpaksa harus melakukan rapid test untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Hal itu dilakukan setelah ditemukan kasus seorang pasien yang dirawat di RSUD tersebut dinyatakan positif corona.

Wakil Direktur RSUD dr Soedjati Soemodiardjo Purwodadi Titik Wahyuningsih mengatakan, kasus tersebut bermula ketika ada seorang pasien yang masuk pada 24 Maret 2020 tidak jujur saat diperiksa tim medis.

Saat ditanya oleh tim medis terkait riwayatnya, pasien asal Kecamatan Geyer, Grobogan, tersebut mengaku tidak pernah melakukan perjalanan ke luar negeri atau ke daerah lain yang masuk status zona merah Covid-19.

Karena adanya keterangan itu, pasien yang bersangkutan akhirnya tidak diisolasi, melainkan dirawat di ruang bangsal Aster bersama pasien lainnya.

Selama kurang lebih satu minggu dirawat di RSUD itu, dokter spesialis paru yang melakukan pemeriksaan menemukan gejala pneumonia.

Karena curiga dengan gejala tersebut, akhirnya tim medis berusaha untuk memastikan ulang terkait riwayat perjalanan pasien.

Baca juga: Akibat Pasien Positif Covid-19 Berbohong Saat Diperiksa, Pegawai hingga Pasien di RSUD Purwodadi Terkena Imbas

Pergi ke luar negeri dan Yogyakarta

Ilustrasi virus corona yang merebak di Indonesia.Shutterstock Ilustrasi virus corona yang merebak di Indonesia.

Pada 30 Maret 2020, saat kembali ditanya terkait riwayat perjalanannya, tim medis terkejut lantaran pasien bersangkutan mengaku baru saja pulang dari luar negeri dan Yogyakarta sebelum dirawat di RSUD.

"Setelah ditanya lebih lanjut akhirnya pada 30 Maret, pasien baru mengaku kalau sebelumnya baru pulang dari luar negeri dan sempat main ke Jogja. Setelah menyampaikan keterangan itu, pasien kemudian dipindahkan ke ruang isolasi," ungkap Titik, Jumat (10/4/2020).

Saat dilakukan perawatan di ruang isolasi itu, pasien bersangkutan juga diambil sampel lendir tenggorokkannya untuk dilakukan uji laboratorium.

Karena kondisinya dianggap membaik dan sehat, akhirnya oleh tim medis RSUD, pasien bersangkutan pada 2 April 2020 diperbolehkan pulang untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Baca juga: Penolakan Pemakaman Perawat di Semarang Dibawa ke Ranah Hukum, PPNI: Harus Ada Pembelajaran

Hasil positif dan 76 pegawai jalani rapid test

Ilustrasi rapid test virus coronaShutterstock Ilustrasi rapid test virus corona

Belakangan, setelah hasil uji laboratorium keluar menunjukkan pasien bersangkutan ternyata positif corona.

Menyikapi hasil uji laboratorium itu, pihak rumah RSUD langsung melakukan tracing terhadap pegawainya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com