Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasien 01 Positif Covid-19 Pesisir Selatan Sembuh Setelah 14 Hari Dirawat

Kompas.com - 09/04/2020, 20:37 WIB
Perdana Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAs.com - Pasien 01 positif Covid-19 Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat berhasil sembuh setelah menjalani perawatan 14 hari sejak 26 Maret 2020 lalu di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang.

Setelah menjalani dua kali tes swab  hidung dan tenggorokan yang hasilnya negatif Covid-19, akhirnya pasien yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan itu diperbolehkan pulang hari ini.

"Alhamdulillah, hari ini pasien 01 Covid-19 Pesisir Selatan sudah sembuh dan sudah diperbolehkan pulang dari RSUP M Djamil Padang," kata Kepala Bagian Humas Pemkab Pesisir Selatan, Rinaldi yang dihubungi Kompas.com, Kamis (9/4/2020).

Baca juga: Bupati Pesisir Selatan Bebaskan Retribusi Pedagang Pasar akibat Corona

Rinaldi mengatakan pasien 01 tersebut diduga terinfeksi Covid-19 saat melakukan pelatihan kesehatan di Padang sebelum dirawat di RSUP M Djamil Padang.

Saat pelatihan itu, pasien 01 itu satu kamar dengan temannya asal Malaysia yang positif Covid-19.

"Diduga terpapar saat pelatihan itu. Setelah pelatihan, pasien 01 itu mengalami demam, sesak nafas dan batuk. Kemudian dirujuk ke RSUP M Djamil Padang," kata Rinaldi.

Rinaldi dengan sembuhnya pasien 01, maka saat ini masih ada tiga pasien yang masih menjalani perawatan di rumah sakit karena positif Covid-19.

Baca juga: Imbas Wabah Corona, Pemkab Pesisir Selatan Bebaskan Pajak Hotel dan Restoran

"Per hari ini ada empat kasus, satu sembuh dan tiga lainnya masih dirawat," jelas Rinaldi.

Rinaldi berharap dengan sembuhnya pasien 01 itu diharapkan masyarakat termotivasi agar terus meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19.

"Ini menjadi motivasi bagi kita semua bahwa Covid-19 bisa sembuh dan kita harus melawannya secara bersama," jelas Rinaldi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com