Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 6,1 M Guncang Maluku Utara, Warga di Sitaro, Sulut, Sempat Keluar Rumah

Kompas.com - 06/04/2020, 07:49 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Khairina

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Gempa tektonik berkekuatan 6,1 magnitudo mengguncang Jailolo, Maluku Utara, pada Senin (6/4/2020) pukul 01.37 WIB.

Gentara gempa tersebut dirasakan di sejumlah kabupaten dan kota di Sulawesi Utara. Di antaranya, Kota Manado, Bitung, dan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, pusat gempa berada di 122 kilometer barat laut Jailolo, Malut. Pusat gempa berkedalaman 10 kilometer.

"Gempa dirasakan III-IV MMI di Bitung, Siau, dan Manado. II MMI di Kota Ternate," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado Edward Henry Mengko melalui pesan singkat saat dikonfirmasi, Senin dini hari.

Baca juga: Gempa Bumi Magnitudo 5,5 Guncang Alor, NTT

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro Bob Wuaten mengatakan, sesuai informasi di Tagulandang gempa dirasakan III-IV MMI.

"Masyarakat sempat keluar rumah. Namun, situasi secara umum aman dan terkendali," ujarnya Bob saat dikonfirmasi.

Sedangkan di Kota Bitung belum ada informasi dampak kerusakan pascagempa.

"Sampai saat ini walau terasa kuat namun masih relatif terkendali. Belum ada info kerusakan bangunan. Hanya orang-orang saja yang mendadak bangun karena kaget," kata Camat Maesa Sefferson Sumampouw.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com