Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua PDP yang Dirawat di Kudus Dinyatakan Positif Covid-19

Kompas.com - 05/04/2020, 21:15 WIB
Puthut Dwi Putranto Nugroho,
Dony Aprian

Tim Redaksi

KUDUS, KOMPAS.com - Sebanyak dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang diisolasi di Rumah Sakit di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, dinyatakan positif virus corona (Covid-19). 

Juru Bicara Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Kudus Andini Aridewi menuturkan, kedua pasien tersebut kini tengah menjalani perawatan intensif. 

Pasien lelaki berasal dari Kudus diisolasi di RSUD Loekmono Hadi dan pasien perempuan berasal dari Kabupaten Pati di RS Mardirahayu.

Untuk pasien asal Pati diketahui bekerja di Kudus.

"Dari hasil swab, keduanya dinyatakan positif corona," kata Andini saat dihubungi Kompas.com melalui sambungan telepon, Minggu (5/4/2020) malam.

Baca juga: 3 PDP Corona yang Diisolasi di RSUD Kudus Meninggal Dunia

Kedua PDP positif Covid-19 tersebut, kata dia, memiliki riwayat pernah pergi ke Jakarta, Pati dan Jepara.

Meski demikian, sejauh ini kondisi kesehatan keduanya terpantau baik.

"Kondisi keduanya sekarang baik-baik saja. Untuk pasien lelaki usia produktif dan perempuan usia lansia di atas 50 tahun, " ujar Andini.

Baca juga: Seorang PDP di Kudus yang Sakit Sepulang dari Jakarta Meninggal

Untuk penanganan lebih lanjut, kata dia, tim medis sudah berupaya melakukan tracing terhadap orang-orang yang kontak dengan kedua pasien positif Covid-19 tersebut.

"Tracing di Kudus sudah kami lakukan dan hasilnya negatif. Karena yang satu warga Pati, kami sudah berkoordinasi dengan Pemkab Pati," kata Andini.

Sementara itu, berdasarkan data Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Kudus, hingga Sabtu (4/4/2020) total jumlah PDP yaitu 17 orang, ODP 189 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com