Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Bupati Kebumen Sumbangkan Gaji 1 Tahun untuk Penanggulangan Corona

Kompas.com - 03/04/2020, 19:47 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

KEBUMEN, KOMPAS.com - Wakil Bupati Kebumen, Jawa Tengah, Arif Sugiyanto akan menyumbangkan seluruh gajinya selama satu tahun untuk penanggulangan wabah virus corona (Covid-19).

"Insya Allah semua gaji saya sebagai wabup selama setahun, kurang lebih Rp 325 juta, itu akan disumbangkan," kata Arif saat dihubungi, Jumat (3/4/2020).

Sumbangan tersebut, kata Arif, akan disalurkan melalui Gugus Tugas Covid-19, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kebumen dan lembaga pengelola zakat lainnya.

Baca juga: Wakil Bupati Luwu Timur Sumbangkan Seluruh Gajinya untuk Tanggulangi Corona

Selain itu, sumbangan juga akan disalurkan secara langsung kepada masyarakat dalam bentuk sembako.

Pasalnya bantuan untuk masyarakat sangat dibutuhkan di tengah pelambatan ekonomi akibat wabah corona.

"Jadi nanti bisa dicek bahwa seluruh gaji saya 100 persen saya serahkan kembali ke masyarakat, Insya Allah dilaksanakan," ujar Arif.

Lebih lanjut Arif mengatakan, secara pribadi juga telah menyerahkan 400 rapid test ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kebumen. Rapid test digunakan untuk para tenaga medis dan masyarakat.

"Rapid test sekarang ini menjadi barang yang sangat sulit didapatkan, alhamdulillah saya dapatkan 400, saya serahkan kepada dinkeas. Ini pembeliannya menggunakan uang pribadi saya," kata Arif.

Baca juga: Wali Kota Sabang Sumbangkan Seluruh Gajinya untuk Penanganan Covid-19

Sementara itu, Kepala Dinkes Kebumen dr Budi Satrio mengatakan, penggunaan rapid test akan diprioritaskan terlebih dahulu untuk tenaga kesehatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Kami utamakan untuk tenaga medis dulu yang menangani pasien langsung, baru nanti kepada PDP (Pasien dalam Pengawasan) dan ODP (Orang dalam Pemantauan)," kata Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com