Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pasien Corona di Banyumas Dinyatakan Sembuh, Bupati: Jangan Diasingkan

Kompas.com - 02/04/2020, 19:24 WIB
Fadlan Mukhtar Zain,
Khairina

Tim Redaksi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Dua orang pasien positif virus corona (Covid-19) yang dirawat di RSUD Banyumas, Jawa Tengah dinyatakan sembuh.

Keduanya yaitu remaja berinisial AS asal Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas dan S (58), pendatang asal Bekasi di Desa Kemiri, Kecamatan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas.

Kabar menggembirakan tersebut disampaikan Bupati Achmad Husein melalui video yang diunggah di akun Instagram pribadinya @ir_achmadhusein, Kamis (2/4/2020) sore.

Baca juga: Jateng Anggarkan Lebih dari Rp 1 Triliun Bantu 1,8 Juta Warga Miskin Hadapi Corona

"Pasien yang tadinya konfirmasi positif, dua orang yang dari Kemiri dan Kracak, tadinya kan positif, itu sekarang sudah di-swab itu hasilnya negatif. Kita ngirim swab sudah lama, kita sudah terima konfirmasi negatif," kata Husein.

Husein meminta masyarakat di kedua desa agar dapat menerima kedua orang tersebut dengan baik.

"Ini tolong masyarakat dimengerti, bahwa kalau yang tadinya positif, kemudian negatif itu sudah sembuh. Wis ora ana viruse (sudah tidak ada virusnya), ndak bahaya, masyarakat tolong dapat menerima dengan baik. Tulung diterima, aja diasingna, aja disingkirna (tolong diterima, jangan diasingkan, jangan disingkirkan," jelas Husein.

Baca juga: Wali Kota Tegaskan Informasi Solo Bebas Corona Tak Benar, Ini Faktanya

Menurut Husein, orang yang terlihat sehat justru lebih berbahaya, karena tidak tahu ternfeksi virus corona atau tidak.

Namun untuk kehati-hatian, Husein meminta kedua pasien tetap menggunakan masker ketika bertemu dengan warga.

"Untuk kehati-hatian kami minta (pasien yang telah dinyatakan sembuh) tetap memakai masker. Bergaul biasa sehingga masyarakat menerima dengan baik. Kita harus lebih hati-hati kepada orang yang belum kena, jangan sebaliknya," ujar Husein.

Diberitakan sebelumnya, lima pasien di Kabupaten Banyumas dinyatakan positif terinfeksi corona. Dua di antaranya meninggal dunia dan satu orang masih dirawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com