Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Labkes Riau Menunggu Persetujuan Menkes untuk Tes Swab Corona

Kompas.com - 02/04/2020, 11:56 WIB
Idon Tanjung,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PEKANBARU KOMPAS.com - Penggunaan  Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Riau tinggal menunggu persetujuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Labor tersebut akan digunakan untuk uji swab pasien corona atau Covid-19.

Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan bahwa saat ini Labkesda yang berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad telah memiliki alat yang lengkap dan sesuai dengan standar dari WHO. Namun, labor belum bisa dioperasikan karena masih menunggu persetujuan dari Kemenkes.

"Kalau menunggu hasil uji labor di Jakarta kan lama, makanya sudah kita persiapkan. Tapi, kita masih menunggu persetujuan Menteri Kesehatan," kata Syamsuar dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Kamis (2/4/2020).

Baca juga: Kondisi Dua Pasien Positif Covid-19 di Riau Membaik

Syamsuar menjelaskan, laboratorium tersebut juga telah didukung oleh tenaga doktor dan tenaga dokter yang profesional dari Fakultas Kedokteran Universitas Riau (Unri).

Sambil menunggu menunggu persetujuan penggunaan labor, Pemprov Riau juga telah menyurati Rektor Universitas Andalas (Unand) Padang dan Menkes terkait persetujuan melakukan tes Covid-19 di Laboratorium Unand.

"Provinsi tetangga kita, Sumatera Barat (Sumbar) tepatnya di Unand sudah tes di labor sendiri. Makanya kita juga minta izin tes di sana. Jadi tak perlu jauh-jauh ke Jakarta lagi kalau tes," terang Syamsuar.

Dia juga meminta doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Riau agar laboratorium ini segera dikabulkan, sehingga dapat membantu Pemprov Riau dalam percepatan penanganan Covid-19.

Baca juga: Kisah Evakuasi Harimau Sumatera 3 Hari Terjerat Tali di Riau: Petugas 2 Jam tembus Hutan, Temukan Luka Serius di Kaki

"Kita berharap semoga segera terealisasi. Dengan kesadaran semua pihak kasus ini dapat segera teratasi," pungkas Syamsuar.

Sementara itu, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) pandemi Covid-19 di Provinsi Riau terus bertambah.

Data yang dilihat Kompas.com di situs resmi Pemerintah Provinsi, corona.riau.go.id, Kamis (2/4/2020), jumlahnya tembus 20.004 orang.

Dari jumlah tersebut, 1.906 orang sudah selesai dipantau, sedangkan sisanya 18.098 orang.

Kemudian jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 119 orang. Sebanyak 80 orang masih dirawat, 38 hasilnya negatif dan dipulangkan, dan 2 meninggal dunia.

Sedangkan pasien yang positif Covid-19 masih tiga orang. Dua masih dirawat dan satu orang sudah sembuh dan dipulangkan.

Baca juga: Per 31 Maret, Pasien Positif Corona di Riau Jadi 3, Jumlah ODP 14.879 Orang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com