Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu-satunya Pasien Positif Covid-19 di Maluku Sembuh, Gubernur Murad: Perjuangan Belum Selesai

Kompas.com - 02/04/2020, 06:34 WIB
Rahmat Rahman Patty,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

AMBON, KOMPAS.com - Gubernur Maluku Murad Ismail mengumumkan pasien 01 positif Covid-19 berinisial AA yang selama ini menjalani isolasi dan perawatan di RSUD dr Haulussy Ambon telah sembuh.

AA yang berasal dari Bekasi, Jawa Barat, merupakan pasien satu-satunya yang dinyatakan terjangkit corona di Maluku.

Meski pasien itu dinyatakan sudah bebas dari corona, Murad mengingatkan bahwa perjuangan untuk mencegah penyebaran virus mematikan ini belum berakhir.

Baca juga: Satu-satunya Pasien Positif Covid-19 di Ambon Sembuh, Maluku Bebas dari Corona

 

Untuk itu, dia berharap bupati, wali kota, dan semua masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, serta tetap melakukan langkah-langkah pencegahan Covid-19 di lingkungannya masing-masing.

“Perjuangan kita melawan Covid-19 belum selesai. Saya minta kita semua untuk tetap berikhtiar, tetap jaga jarak, dan ikutilah aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, serta tetap berdoa kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa," ujar Murad dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com dari Humas Pemprov Maluku, Rabu (1/4/2020).

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku, Kasrul Selang menyampaikan, AA dan 14 rekannya yang saat ini sedang menjalani karantina di Balai Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Maluku akan dipulangkan.

Khusus untuk 14 rekan AA yang akan ikut dipulangkan, mereka juga telah mengikuti dua kali rapid test, dan hasilnya negatif.

“Tadi hasilnya juga negatif. Jadi nanti akan disiapkan surat kesehatan yang menyatakan mereka ini bebas Covid-19, sehingga mereka bisa dipulangkan besok,” katanya.

Baca juga: Gubernur: Masyarakat Maluku Belum Terlalu Sadar Bahaya Virus Corona

Untuk kasus Covid-19 di Maluku per 1 Maret 2020, Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 132 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 8 orang.

Para ODP dan PDP ini tersebar di 11 kabupaten/kota di Maluku. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com