Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parpol Bantu Warga Terdampak Wabah Covid-19, Sumbang 4 Ton Beras hingga Ramuan Empon-empon

Kompas.com - 31/03/2020, 18:58 WIB
Hamzah Arfah,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com  - Sejumlah partai politik (parpol) di Gresik, Jawa Timur, membantu meringankan beban warga di tengah pandemi virus corona.

Selain bantuan peralatan atau sarana mencegah penyebaran corona, ada juga parpol yang menyalurkan bantuan berupa kebutuhan pokok.

Salah satunya DPC PKB Gresik yang memberikan bantuan beras 5 kilogram dan masker kepada para sopir angkot.

"Ini sesuai instruksi Presiden dan DPP PKB, supaya parpol juga berperan aktif dalam pencegahan penyebaran Covid-19," ujar Ketua DPC PKB Gresik Mohammad Qosim kepada awak media di kantor DPC PKB, Selasa (31/3/2020).

Baca juga: UPDATE 31 Maret: Bertambah 1 Orang, Total 3 Pasien Positif Covid-19 asal Gresik

Pada kesempatan itu, DPC PKB membagikan 5 kilogram beras berikut masker kepada 107 para sopir angkot dan 50 pekerja di yayasan yang ada di tempat wisata religi Makam Sunan Giri.

PKB menilai mereka terimbas dengan kebijakan pemerintah dalam menerapkan social distancing untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Tidak hanya beras, kami juga berikan masker dan edukasi betapa pentingnya physical distancing saat ini," ungkap Qosim, yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati Gresik.

Untuk sementara, DPC PKB Gresik menyalurkan sebanyak 4 ton beras kepada para sopir dan warga yang dianggap terdampak.

Bantuan disalurkan melalui koordinator masing-masing sopir. Untuk selanjutnya para koordinator yang mendistribusikan agar tidak mengundang massa dan membuat kerumunan.

Sementara DPC PDI-P Gresik memilih untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan dan perkampungan yang ada di sekitar kantor DPC PDIP Gresik, yang berada di Jalan Jaksa Agung Soeprapto, Gresik.

Baca juga: Cegah Corona, 300 Anggota Polres Gresik Berjemur Sambil Dengar Tausiah

Tujuan penyemprotan sebagai salah satu upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Sesuai instruksi pusat (DPP PDI-P), kita sebagai parpol memang diminta untuk berpartisipasi dalam pencegahan penyebaran Covid-19," ujar Ketua DPC PDI-P Gresik Mujid di sela acara penyemprotan.

Penyemprotan dilakukan di sejumlah fasilitas umum mulai dari halte, gedung arsip dan perpustakaan Pemkab Gresik, hingga lingkungan perumahan warga yang berada di dekat kantor DPC PDI-P Gresik.

PDI-P juga membagikan ramuan empon-empon kepada warga secara gratis.

"Dananya gotong royong. Selain penyemprotan disinfektan, kami juga sudah siapkan minuman empon-empon yang dikabarkan mampu meningkatkan imun tubuh. Kita bagikan kepada warga secara gratis. Estimasi awal (agenda) sementara seminggu ke depan dulu," kata Mujid.

Hingga 31 Maret 2020 pukul 16.15 WIB, tercatat ada penambahan satu kasus positif Covid-19 di Gresik. Sehingga, total hingga hari ini ada tiga kasus positif corona.

Sedangkan PDP berjumlah 35 orang dan ODP sebanyak 422 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com