Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tenaga Kesehatan Ini Isolasi Diri karena Pakai APD Jas Hujan

Kompas.com - 27/03/2020, 06:50 WIB
Fitri Rachmawati,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MATARAM, KOMPAS.com - 6 orang tenaga kesehatan, dua orang di antranya dokter di Puskesmas Aikmel Utara dan sebuah rumah sakit swasta di Lombok Timur harus menjalani isolasi secara mandiri karena khawatir terpapar virus corona atau Covid-19.

"Mereka terpaksa mengisolasi diri secara mandiri, karena khawatir ada virus di tubuh mereka, mengingat dalam proses menangani orang dalam pemantauan (ODP) secara door to door sangat berisiko. Selain itu, alat pelindung diri (APD) tidak tersedia, mereka tepaksa pakai jas hujan," kata Camat Aikmel, Kabupaten Lombok Timur, H Lalu Suhaemi, kepada Kompas.com, Kamis (26/3/2020).

Suhaemi menyampaikan, tenaga medis itu terlibat dalam percepatan dan penanganan Covid-19 di NTB, mengingat wilayah Kecamatan Aikmel merupakan kawasan sebuah pondok pesantren (ponpes) yang tengan diisolasi.

Ponpes itu diisolasi untuk akses dari luar maupun dari dalam, setelah pimpinan dan penasehat ponpes dinyatakan positif Covid-19.

Baca juga: Pasien PDP Corona yang Meninggal di RSUD Komodo Sempat Sakit di Surabaya

Sebanyak 130 santri dan guru dalam ponpes pun diisolasi, sebagai upaya antisipasi agar penyebaran virus corona tidak meluas di Lombok Timur.

Suhaemi menyayangkan kurangnya APD bagi petugas yang berjaga, termasuk petugas yang harus menangani pasien di puskesmas wilayahnya.

"Alat pelindung diri petugas puskesmas di Aikmel Utara yang paling memprihatinkan, mereka terpaksa pakai jas hujan APD-nya, karena tidak ada sama sekali," ujar dia.

"Ini kan tidak sesuai standar pengamanan, kami jadi khawatir, apalagi mereka yang harus berada di depan jika ada laporan orang mengalami gejala yang menyerupai gejala-gejala corona," kata Suhaemi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com