Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mess Persibat Batang Bakal Disulap Jadi Rumah Sakit Darurat Corona

Kompas.com - 26/03/2020, 16:04 WIB
Ari Himawan Sarono,
Dony Aprian

Tim Redaksi

BATANG, KOMPAS.com - Mess Tim Sepak Bola Persibat Batang, Jawa Tengah, tengah disiapkan untuk menjadi Rumah Sakit (RS) darurat penanganan virus corona (Covid-19).

Hal itu diungkapkan Bupati Batang Wihaji saat melihat kondisi mess yang berada di Jalan Letjen Suprapto, Kamis (26/3/2020).

"Mes Persibat kita survei yang nantinya sebagai salah satu tempat isolasi pasien dalam pengawasan (PDP), seandainya ada kejadian luar biasa covid-19," jelas Bupati Batang Wihaji.

Baca juga: Viral Keluarga Bongkar Plastik Jenazah Pasien Berstatus PDP di Kolaka, Ini Fakta Lengkapnya

Menurutnya, fasilitas mess cukup komplit serta dapat menampung minimal 24 pasien dengan 12 kamar.

"Dinas Kesehatan masih menghitung kebutuhan para medisnya, alat pelindung diri, kita juga rencananya membuka pendaftaran relawan bagi perawat dan bidan untuk ditugaskan ditempatkan di Rumah Sakit Darurat, karena tidak mungkin mengambil petugas dari Puskesmas dan Rumah Sakit," ungkapnya.

Untuk sampai saat ini, kata dia, terdapat 51 orang dalam pemantauan (ODP), 6 pasien dalam pengawasan (PDP) masih menjalani perawatan di RSUD Kalisari Batang dan Rumah Sakit QIM.

"Enam PDP berasal dari Kecamatan Limpung, Subah dan Tulis," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Batang Wahyu Budi Santoso menjelaskan, Mess Persibat merupakan fasilitas milik Pemkab Batang yang dipinjam oleh PT Persibat.

Baca juga: Mantan Rektor Unhas Positif Covid-19 Setelah Galang Bantuan APD untuk Tenaga Medis

Selain itu, karena belum bergulirnya musim pertandingan sehingga dapat digunakan untuk mengisolasi pasien virus corona.

"Anjuran Pemerintah pusat agar pemerintah daerah harus menyiapkan sarana prasarana untuk langkah-langkah darurat untuk isolasi. Karena mess Persibat fasilitasnya representatif maka digunakan dulu sebagai rumah sakit darurat," jelas Wahyu Budi Santoso. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com