Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Bener Meriah Alokasikan Dana Rp 4 Miliar untuk Penanganan Corona

Kompas.com - 25/03/2020, 21:28 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia ,
Dony Aprian

Tim Redaksi

BENER MERIAH, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Bener Meriah, Aceh, mengalokasikan dana sebesar Rp 4 miliar untuk penanganan wabah virus corona (Covid-19).

"Sumber dana kami ambil dari Bantuan BOK dan DBH CHT," kata Bupati Bener Meriah Sarkawi melalui pesan singkatnya kepada Kompas.com, Rabu (25/3/2020).

Baca juga: Seorang Balita di Cilacap Positif Virus Corona

Sarkawi menjelaskan, Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) dan Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBH CHT) dan Migas, merupakan dana bersifat khusus dari Pemerintah Pusat yang dialokasikan ke pemerintah daerah.

"Alokasi anggaran itu akan digunakan untuk pembelian Alat Pelindung Diri (APD), disinfektan, maupun kebutuhan pemeriksaan yang dilakukan satgas penanggulangan Covid-19 di pintu masuk Bener meriah via darat dan udara, sebab di daerah tersebut terdapat Bandar Udara Rembele," ujarnya.

Baca juga: 18 Pasien Positif Corona di Yogyakarta, 1 Orang Sembuh

Dia menjelaskan, pengalokasian dana ini merupakan arahan presiden dan mendagri serta Gubernur Aceh mengenai upaya yang harus dilakukan pemerintah mengantisipasi penyebaran virus corona.

"Sudah diteken. Berikutnya Laporan ke kementerian sedang di proses dan pelaksanaan ini bersifat segera," tambah Sarkawi.

Terkait sosial distancing, kata Sarkawi, pihaknya mengarahkan warga yang mayoritas petani kopi arabika ke kebun dan sediakan bibit untuk menopang ketahanan pangan.

"Ini yang kami carikan regulasinya, termasuk dari dana desa," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com