Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Orang Positif Covid-19, Gubernur NTB Minta Warga Tak Takut Berlebihan

Kompas.com - 25/03/2020, 06:00 WIB
Karnia Septia,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MATARAM, KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah meminta masyarakat untuk tetap waspada dan tidak takut berlebihan terkait satu orang warga di NTB yang positif Covid-19.

"Ini semakin memberikan gambaran bahwa kita harus waspada harus hati-hati pada virus corona ini, karena betul-betul penyebarannya sangat cepat," kata Zul.

Pasien positif corona itu adalah perempuan berusia 50 tahun.

Pasien dirawat di RSUD NTB sejak tanggal 17 Maret 2020.

Baca juga: Warga NTB yang Positif Virus Corona Pulang Kegiatan dari Jakarta

Zul mengatakan, pasien positif covid-19 kemungkinan tertular dari luar NTB, karena memiliki riwayat perjalanan dari wilayah terjangkit dalam waktu 14 hari terakhir.

Terkait hal ini, Zul meminta masyarakat untuk waspada dan tidak perlu takut berlebihan. 

"Pada saat yang sama kita tidak perlu takut berlebihan, kalau penanganannya baik seperti pasien ini. Ternyata secara klinis beliau sudah semakin membaik dan sehat," kata Zul.

Pasien Covid-19, lanjut Zul, dalam kondisi semakin baik dan menunggu tes negatif sebanyak dua kali sebelum bisa pulang ke rumah.

Baca juga: Pasien Positif Covid-19 di Bali Seorang ASN di Lingkungan Pemprov Bali

Untuk menghindari penularan lebih lanjut, petugas kesehatan tengah melakukan contact tracing terhadap semua orang yang pernah kontak dengan yang bersangkutan.

Zul berharap, seluruh lapisan masyarakat untuk tetap tenang, hindari keramaian, menjaga kesehatan dengan melakukan pola hidup bersih dan sehat dan mengurangi aktivitas di luar rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com