Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangani Virus Corona, NTT Siapkan Rp 60 Miliar

Kompas.com - 24/03/2020, 21:55 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat, mengatakan, pihaknya menyiapkan anggaran sebesar Rp 60 miliar untuk penanganan wabah virus corona.

Hal tersebut diungkapkan Viktor saat melakukan jumpa pers usai melakukan telekonferensi dengan Presiden Jokowi di Kantor Gubernur Sasando, Selasa (24/3/2020).

"Kami siapkan Rp 60 miliar untuk penanganan corona ini. Tadi saya lihat ada beberapa provinsi, kami salah satu provinsi yang terbesar dalam alokasi anggaran," kata Viktor, kepada sejumlah wartawan di Kupang, Selasa (24/3/2020).

Didampingi Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, Sekretaris Daerah NTT Benediktus Polo Maing dan Karo Humas dan Protokol NTT Jelamu Ardu Marius, Viktor menuturkan, sesuai arahan Presiden Jokowi, meminta agar seluruh gubernur mengkaji dan menghitung secara mendalam dampak sosial ekonomi dari virus corona.

Baca juga: Cegah Penyebaran Corona, Pemprov Maluku Pesan 1.000 Rapid Test

Termasuk, kata Viktor, pihaknya harus mengambil langkah konkret untuk melaksanakan dan fokus terhadap program yang dibutuhkan.

Pemerintah juga melakukan perencanaan kembali terhadap anggaran yang diprioritaskan terhadap dampak akibat virus corona.

"Khususnya untuk usaha kecil menengah. Bantuan sosial tunai juga disiapkan oleh para gubernur untuk kelompok yang terdampak seperti ini," kata Viktor.

Menurut Viktor, salah satu upaya yang dirancang oleh Pemerintah Provinsi untuk bantuan sosial tunai tersebut adalah misalnya dengan cara menanam kelor pada lahan yang disiapkan secara bersama, sambil tetap memperhatikan aturan social distancing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com