Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Swasta dan TNI, NTB Siagakan 15 RS Rujukan Corona

Kompas.com - 24/03/2020, 09:22 WIB
Idham Khalid,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

MATARAM, KOMPAS.com - Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menambah 11 rumah sakit rujukan pasien corona, sehingga terdapat 15 rumah sakit rujukan di wilayah tersebut.

“Rumah sakit rujukan pasien corona di NTB sudah 15 sekarang, jadi 4 yang sudah ada ditambah 11,” kata Kepala Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Barat (NTB) Nurhandini Eka Dewi usai jumpa Pers di kantor Gubernur, Senin (23/3/2020).

Eka memerinci rumah sakit yang menjadi rujukan tersebut, di antaranya empat rumah sakit swasta, rumah sakit kota atau kabupaten, dan rumah sakit milik TNI.

Baca juga: Dinkes Sumut Minta Saran Hukum Umumkan Nama dan Alamat ODP Agar Patuh Tetap di Rumah

Eka juga mendorong rumah sakit yang ada di kabupaten atau kota membuat ruang isolasi.

“Kita dorong rumah sakit-rumah sakit untuk membuat ruang isolasi, jadi sekarang termasuk rumah sakit swasta seperti Harapan Keluarga, Siloam, Rumah Sakit Angkatan Darat (AD), dan juga rumah sakit  kabupaten walapun hanya satu punya ruangan isolasi tapi kan bermanfaat,” kata Eka.

Eka berharap penambahan rumah sakit rujukan ini bisa memudahkan masyarakat yang diduga terpapar virus corona mendapatkan layanan kesehatan.

Hingga kini, Dinas Kesehatan Provinsi NTB terus memberikan bimbingan kepada tim medis agar siap menghadapi pasien yang diduga terpapar virus corona.

Pemprov NTB mencatat belum ada temuan pasien positif corona di wilayahnya.

Sebelumnya diberitakan, juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto mengumumkan terdapat 579 kasus pasien positif Covid-19 di Indonesia.

Baca juga: Kami Kecewa, tapi Harus Taat karena Jadi Contoh Masyarakat

Sebanyak 49 pasien dinyatakan meninggal dan 30 pasien dinyatakan sembuh. Pasien yang sembuh itu telah diizinkan pulang ke rumah.

Data pemerintah memperlihatkan 579 pasien positif Covid-19 itu tersebar di 22 provinsi. Jambi dan Maluku Utara menjadi provinsi baru yang memiliki kasus positif Covid-19.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com