Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Penyebaran Corona, Penerbangan Komersil Menuju Wamena Segera Ditutup

Kompas.com - 23/03/2020, 21:15 WIB
David Oliver Purba

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, akan menutup penerbangan penumpang di Bandara Wamena untuk mencegah penyebaran virus corona.

Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua di Wamena mengatakan, penutupan akses itu merupakan keputusan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jayawijaya pada rapat Senin (23/3/2020) sore.

"Kita lakukan ini selama 14 hari ke depan, mulai terhitung Kamis (26/3/2020) khusus untuk pesawat penumpang dari Jayapura ke Wamena. Begitu juga bagi pesawat berbadan kecil atau perintis," kata Jhon melalui sambungan telepon, Senin.

Baca juga: 226.000 Chloroquine Siap Didistribusikan ke PDP dan ODP Corona di Papua

Jhon mengatakan, penutupan akses itu merupakan langkah untuk memutus mata rantai penularan corona ke wilayah pegunungan tengah Papua.

Ia memastikan penerbangan pesawat kargo atau pesawat barang tidak ditutup, sebab kebutuhan masyarakat di wilayah pegunungan semuanya mengandalkan jalur udara dari Bandara Wamena.

"Ini bukan tindakan lockdown, tetapi hanya untuk antisipasi penyebaran dari penerbangan. Pesawat penumpang yang ditutup sementara," katanya.

Baca juga: Dua Bayi PDP Corona di Papua Dinyatakan Negatif Covid-19

Pesawat Hercules yang beroperasi juga tidak diperbolehkan mengangkut penumpang ke Wamena.

Pemerintah Kabupaten juga berencana melakukan penyemprotan disinfektan terhadap setiap barang yang tiba dari luar Jayawijaya di Bandara Wamena.

"Kami mengimbau masyarakat dapat memilih berdiam diri di rumah masing-masing jika memang itu tidak terlalu penting untuk keluar rumah. Begitu juga dengan aktivitas keramaian lain," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com