Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekerja Migran di Malaysia yang Pulang Lewat Jalur Tikus Diisolasi di RSUD Sambas

Kompas.com - 23/03/2020, 20:14 WIB
Hendra Cipta,
Khairina

Tim Redaksi

PONTIANAK, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat Harisson mengatakan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sambas kembali merawat seorang pasien dalam pengawasan Covid-19.

Pasien merupakan pria 37 tahun asal Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Dia seorang pekerja migran Indonesia di Sibu, Malaysia.

"Dia bekerja di Sibu, Malaysia, sejak 15 Juli 2019. Kemudian, pada 10 Maret 2020 mulai mengalami sakit dan memutuskan untuk pulang ke Sambas," kata Harisson kepada wartawan, Senin (23/3/2020).

Baca juga: Bupati Sebut Banyumas dalam Situasi Berbahaya, Seluruh Umat Diminta Ibadah di Rumah

Namun, karena paspornya mati. Dia tak berani pulang lewat jalur resmi.

"Dia pulang lewat jalur tikus di perbatasan Aruk, Kabupaten Sambas, pada Kamis (19/3/2020)," ujar Harisson.

Saat kembali ke rumahnya, dia ternyata masih sakit. Dengan keluhan batuk dan pilek, serta ada pembengkakan di kaki.

Pihak keluarga kemudian berinisiatif membawanya ke rumah sakit pada Sabtu (21/3/2020).

"Setelah diperiksa. Dia dinyatakan pasien dalam pengawasan Covid-19. Sampel cairan tenggorokannya akan dikirim ke Jakarta untuk diperiksa," ujar Harisson.

Baca juga: Hoaks, Peta Zona Merah Virus Corona di Purwokerto

Sementara itu, sejak virus corona mewabah dan menjadi pandemi hingga Senin (23/3/2020) pukul 08.00 WIB, ada sebanyak 34 pasien dalam pengawasan Covid-19 di Kalimantan Barat.

Sebanyak 2 pasien diantaranya dinyatakan positif Covid-19; 12 pasien negatif Covid-19 dan keluar; 19 pasien masih dirawat di ruang isolasi dan 1 orang meninggal dunia saat menunggu hasil uji laboratorium.

Rumah sakit yang menangani pasien-pasien tersebut adalah, RSUD Soedarso Pontianak mengisolasi 5 pasien; RSUD Abdul Azis Singkawang 6 pasien; Rumah Sakit Mitra Medika 1 orang; RSUD Kabupaten Sambas 3 pasien; RSUD Pemangkat 1 pasien; RSUD Melawi 1 pasien; RSUD Kartika Husada 1 pasien; RSUD Agoesdjam Ketapang 1 pasien; dan RSUD Sintang 2 pasien.

Masing-masing pasien yang positif Covid-19 diisolasi di RSUD Soedarso Pontianak dan RSUD Abdul Azis Singkawang, Kalimantan Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com