Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Acara Ditunda, Ini Kata Juru Bicara Ijtima Ulama Dunia

Kompas.com - 19/03/2020, 15:13 WIB
Himawan,
Khairina

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Ijtima Jamaah Tabligh Dunia di Desa Pakkatto, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan akhirnya resmi ditunda oleh panitia setelah mengikuti saran dari pemerintah. 

Juru bicara Ijtima Ulama Zona Asia Ali Yubra mengatakan, keputusan ini dibuat panitia lantaran penyebaran virus corona semakin cepat di seluruh wilayah di Indonesia. 

"Melihat perkembangan saat ini dan berdasarkan anjuran pemerintah dalam rangka membatasi penyebaran virus corona, maka dengan ini kami dari pelaksana Ijtima Zona Asia menyatakan untuk menunda kegiatan ijtima," kata Ali saat konferensi pers di kantor camat Bontomarannu, Kamis (19/3/2020).

Baca juga: Ratusan WNA Peserta Ijtima Dunia 2020 Sudah 2 Bulan Keliling Masjid di Indonesia

Ali mengatakan, para peserta yang telah hadir di lokasi acara akan dipercepat proses kepulangannya.

Bersama pemerintah, kata Ali, pihaknya sudah menyiapkan kendaraan yang akan digunakan peserta dari daerah Sulawesi Selatan untuk dipakai pulang. 

Sementara untuk warga negara asing, Ali mengatakan bahwa saat ini akan dibawa ke tempat isolasi untuk selanjutnya dikarantina dan diperiksa kesehatannya. 

"Kami telah mengurus untuk mengisolasi agar terpisah dari orang-orang lokal Indonesia dan melakukan pengawasan dengan cara menyiapkan tenaga medis untuk memantau pemeriksaan mereka," tutur Ali. 

Ali mengatakan, sebelumnya panitia menyelenggarakan acara ini karena menurutnya warga negara asing tersebut sudah berada di Indonesia sejak 2 hingga 3 bulan yang lalu. 

Ali juga mengatakan, sejak tanggal 18 Maret, panitia tidak lagi mendatangkan peserta dari negara Pakistan dan Bagladesh.

Baca juga: 411 WNA Peserta Ijtima Dunia 2020 Diisolasi di Hotel

Diketahui, Ijtima Dunia 2020 Zona Asia yang akan dilaksanakan Minggu 20-22 Maret 2020 di Pakkatto, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, dihadiri ribuan jemaah dari berbagai negara.

Tak hanya itu, 478 Warga Negara Asing (WNA) dari 48 negara juga bakal menghadiri acara tersebut.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo menyatakan, panitia kegiatan Ijtima Dunia 2020 Zona Asia yang diikuti sekitar 8.000 peserta dari 48 negara di Pakatto, Gowa, sudah sepakat akan menunda kegiatannya.

"Baru saja dapat kabar dari Pak Kapolres dan Pak Dandim kalau panitia pelaksananya sepakat menunda kegiatan hingga situasi kembali membaik dari wabah virus corona atau Covid-19," ujar Adnan Purichta Ichsan YL di Gowa, Rabu (18/3/2020), seperti ditulis Antaranews.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com