Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Umat Islam Manggarai Memberikan Dukungan Penahbisan Uskup Ruteng

Kompas.com - 19/03/2020, 14:34 WIB
Markus Makur,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

RUTENG, KOMPAS.com - Umat Islam Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur memberikan dukungan bagi penahbisan Uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat yang ditahbiskan di Gereja Katedral Ruteng, Kamis (19/3/2020).

"Umat Islam di Kabupaten Manggarai yang diwakilkan oleh Madrasah Aliyah Negeri 3 Ruteng berpartisipasi dalam penahbisan Yang Mulia Uskup Ruteng, Mgr Siprianus Hormat yang dilaksanakan di Gereja Katedral Ruteng, Kamis. Madrasah Aliyah Negeri 3 sederajat dengan Sekolah Menengah Atas bersama remaja Masjid di Kota Ruteng berpartisipasi dalam penahbisan dengan ikut menjaga keamanan di sekitar Gereja Katedral Ruteng," kata Guru Madrasah Aliyah Negeri II Kabupaten Manggarai, Zulfikar, di halaman Gereja Katedral Ruteng, Kamis (19/3/2020).

Zulfikar menuturkan, partisipasi yang diikuti saat ini untuk membangun kerukunan dan toleransi antar-umat beragama di Kabupaten Manggarai.

Baca juga: Ini Alasan Misa Penahbisan Uskup Ruteng Tak Bisa Ditunda

"Kami berharap dengan penahbisan Uskup Ruteng, Mgr Siprianus Hormat, umat beragama di Kabupaten Manggarai terus membina kerukuan dan toleransi di waktu yang akan datang," ujar dia.

Zulfikar berharap, umat beragama di Kabupaten Manggarai terus membangun kerukunan, toleransi antar sesama umat dalam bingkai kebhinnekaan.

"Hari ini kami ikut menjaga keamanan serta membawa tarian nusantara dan kasidah kerukunan," ujar dia.

Sementara, terkait penyebaran virus corona, Zulfikar menuturkan semua harus waspada dan berhati-hati agar tidak sampai terjangkit.

Baca juga: Meski Diminta Ditunda, Penahbisan Uskup Ruteng Tetap Digelar dengan 1.500 Umat Hadir

"Kita terus waspada dengan aturan-aturan yang diimbaukan agar terhindar dari virus corona," ujar.

Bupati Manggarai, Deno Kamelus mengungkapkan, kurang lebih 1.500 umat Katolik yang hadir dalam misa penahbisan Uskup Ruteng, Mgr Siprianus Hormat di Gereja Katedral Ruteng.

"Perayaan berjalan dengan aman dan lancar. Setiap umat dicek dengan alat thermogun dan antiseptik di pintu masuk Gereja Katedral Ruteng. Sebanyak 32 uskup dari seluruh Indonesia hadir dalam upacara penahbisan tersebut. Selain itu, ratusan imam dan suster juga hadir dalam misa penahbisan tersebut," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com