Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelabuhan Domestik dan Internasional di Batam Disemprot Disinfektan

Kompas.com - 19/03/2020, 10:24 WIB
Hadi Maulana,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Upaya pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 di Batam, Kepulauan Riau terus dilakukan oleh BP Batam.

Setelah kemarin dilakukan penyemprotan disinfektan di Bandara Hang Nadim, penyemprotan disinfektan kembali dilakukan oleh BP Batam di Kantor BP Batam, Rabu (18/3/2020).

Selain itu, kegiatan sanitasi ini telah dilakukan di Kantor Badan Usaha Pelabuhan di Batu Ampar, Terminal Penumpang Ferry Internasional dan Domestik Sekupang.

Baca juga: Peneliti ITB Prediksi Puncak Penyebaran Covid-19 Berakhir April 2020

Kemudian, di Terminal Ferry Marina, Terminal Ferry Nongsa, Terminal Ferry Internasional Batam Center dan juga Terminal Ferry Harbour Bay Batam.

“Penyemprotan ini kami lakukan pada malam hari pukul 22.00 WIB, setelah jam operasional pelabuhan berakhir, karena zat cairan yang digunakan dikhususkan untuk ruangan tertutup. Jadi ruangan harus steril dari penumpang,” kata Direktur Badan Usaha Pelabuhan Batam Nelson Idris saat ditemui di Marketing Center BP Batam, Rabu (18/3/2020).

Nelson mengatakan, penyemprotan ini dilakukan secara bertahap.

Baca juga: Peta Sebaran Covid-19 di Banten dan Tangerang Bisa Dicek di Sini

Pada Selasa kemarin, kegiatan sanitasi dilanjutkan di Terminal Ferry Harbour Bay Batam dan Kantor Badan Usaha Pelabuhan di Batu Ampar.

Kemudian, dilanjutkan di Terminal Ferry Internasional dan Domestik Sekupang pada malam hari, termasuk Terminal Ferry Marina dan Terminal Ferry Nongsa.

Adapun, area yang dilakukan sanitasi antara lain ruang tunggu penumpang, konter penjualan tiket dan area imigrasi pelabuhan.

Kegiatan sanitasi ditangani langsung oleh tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Batam yang berjumlah lima orang di setiap pelabuhan.

Seluruh terminal ferry juga sudah dilengkapi dengan thermal detector dan thermal gun untuk mengukur suhu tubuh.

Kemudian hand sanitizer di beberapa titik pelabuhan dan Kantor Badan Usaha Pelabuhan.

“Alhamdulillah penumpang merasa senang dan merasa terlindungi dari kegiatan sanitasi ini. Kita akan lakukan secara berkala," kata Nelson.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com