Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Virus Corona, Unimal Aceh Utara Tiadakan Kuliah Tatap Muka

Kompas.com - 16/03/2020, 18:04 WIB
Masriadi ,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara meniadakan perkuliahan tatap muka (dalam kelas) dan bimbingan skripsi untuk mahasiswa di kampus itu mulai hari ini, Senin (16/3/2020) sampai 3 April 2020 mendatang.

Seluruh perkuliahan dan bimbingan mahasiswa dilakukan via online dengan seluruh fasilitas yang ada baik itu layanan WhatsApp, e-mail, media sosial dan lain sebagainya.

Selain itu, kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) yang direncanakan pekan ini ditunda hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Rektor Unimal, Aceh Utara, Dr Herman Fithra, dihubungi, Senin (16/3/2020) menyebutkan surat edaran rektor telah dikirimkan ke seluruh satuan kerja di kampus tersebut.

Selain itu, Rektor meminta seluruh civitas akademika, mulai dosen, mahasiswa, staf melakukan karantina mandiri di rumah serta menghindari keramaian.

“Kita imbau untuk mengkarantina mandiri di rumah. Ini sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19,” sebutnya.

Baca juga: Perguruan Tinggi di Yogya Terapkan Kuliah Online, Sultan HB X Khawatir Mahasiswa Keluyuran

Untuk layanan administrasi, sambungnya, Unimal tetap membuka sebagian aktivitas kampus dengan menerapkan protokol penanganan virus corona.

“Untuk pelaksanaan kuliah kerja nyata rencana kita lepas ribuan mahasiswa mengabdi ke masyarakat di Kabupaten Bener Meriah. Itu kita tunda sampai batas waktu tidak ditentukan,” katanya.

Khusus untuk pegawai negeri sipil, sambung Herman, pihaknya masih menunggu surat edaraan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi RI.

“Khusus untuk ASN, kita tunggu edaran dari Kemenpan RB,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan sejumlah kampus di Indonesia menutup perkuliahan tatap muka dengan mahasiswa untuk meminimalisir penyebaran virus yang berawal dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China itu.

Saat ini, virus corona sudah dinyatakan sebagai pandemi global oleh badan kesehatan dunia atau WHO.

Baca juga: Antispasi Penularan Covid-19, Unika Atma Jaya Tiadakan Kuliah Tatap Muka

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com