Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Alhamdulillah, Kami Negatif Covid-19

Kompas.com - 16/03/2020, 11:53 WIB
Dendi Ramdhani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dinyatakan negatif Covid-19.

Hasil itu muncul setelah ia menjalani tes swab atau proses pengambilan sampel lendir dari saluran pernapasan oleh tim medis dari Laboratorium Kesehatan Daerag (Labkesda) Provinsi Jawa Barat, Minggu (15/3/2020) kemarin.

Pemeriksaan itu ia lakukan bersama istrinya, Atalia Praratya.

Pemeriksaan itu dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatannya setelah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positit terjangkit Covid-19.

Baca juga: Bertemu Menhub di Kertajati, Ridwan Kamil: Tidak Ada Perbincangan dan Interaksi Fisik Sama Sekali

 

Ia punya riwayat pernah satu kegiatan dalam penjemputan ABK Diamond Princess di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka pada 1 Maret 2020 lalu.

"Sehubungan berita bahwa Bapak Menteri Perhubungan sakit dan dirawat karena virus covid-19, dan kebetulan saya dan Pak Menteri pernah berada dalam satu acara tanggal 1 Maret di Bandara Kertajati. Maka untuk menenangkan kepada jajaran pemerintahan dan publik, sesuai prosedur saya berinisiatif untuk mengecek potensi keterpaparan virus  Covid-19 oleh Labkes Pemprov Jabar. Hal yang sama juga dilakukan kepada Ibu Atalia. Alhamdulillah, hasilnya kami berdua negatif dari virus tersebut dan fisik dinyatakan dalam kondisi sehat wal'afiyat," ujar Ridwan lewat akun instagramnya, Senin (16/3/2020).

Dengan begitu, pria yang akrab disapa Emil itu tak akan mengurangi intensitas kedinasannya.

"Dengan ini kami bisa melanjutkan kegiatan kedinasan dan pengawasan pembangunan di Jawa Barat di hari-hari ke depan secara aktif," kata dia.

Ia pun turut mendoakan Menhub Budi Karya agar segera pulih dan bisa kembali beraktiglvitas.

"Kami mendoakan agar Bapak Menteri Perhubungan lekas sembuh dan pulih kembali, agar bisa kembali bekerja, karena tenaga dan kehadirannya sangat dibutuhkan oleh negara," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi positif terjangkit corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pernah bertemu dengan Budi sewaktu menjemput anak buah kapal (ABK) Diamond Princess di Bandara Kertajati, Kanupaten Majalengka pada 1 Maret 2020 lalu.

Pria yang akrab disapa Emil itu menyampaikan rasa prihatinnya terhadap kondisi Budi.

Namun, ia berpendapat Budi tak terjangkit corona saat berada di Bandara Kertajati.

"Saya sangat prihatin terhadap situasi yang dialami Menhub. Media harus klir ya, kalau mau dihubungkan dengan Diamond Princess, kita pakai logika saja. Ada ga awak diamond pirncess yang positif? Tidak ada. Jadi argumentasi itu gugur," ujar Emil.

Baca juga: Pernah Bertemu Menhub di Kertajati, Ridwan Kamil Optimistis Tak Tertular

Selain itu, proses penjemputan ABK Diamond Princess sangat ketat. Para ABK diturunkan dan disemprotkan cairan disinfektan di landasan pesawat, sementara ia bersama Menhub berada di lorong bandara yang berjarak ratusan meter serta tertutup kaca.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com