Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RSUP Dr Sardjito Isolasi Balita 3 Tahun yang Sesak Napas Sepulang dari Depok

Kompas.com - 13/03/2020, 19:51 WIB
Wijaya Kusuma,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito Yogyakarta mengisolasi satu pasien yang masih berusia 3 tahun.

Balita itu diisolasi sejak Senin (9/3/2020) karena batuk, pilek, demam, dan sedikit sesak napas sepulang dari Depok, Jawa Barat.

"Yang dirawat itu umurnya tiga tahun lebih. Usianya 3,8 tahun (tiga tahun delapan bulan)," kata Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, Banu Hermawan, Jumat (13/03/2020).

Baca juga: 1 Pasien Positif Corona di Solo Meninggal, 4 Toko Ditutup untuk Isolasi

Dokter spesialis anak dan konsultan paru anak RSUP Dr Sardjito, Amalia Setyati, mengatakan balita itu berada di Depok pada 27 Februari 2020 hingga 3 Maret 2020.

Berdasarkan pemeriksaan, balita itu tidak melakukan kontak dengan pasien yang sudah dinyatakan positif virus corona atau Covid-19.

"Karena ada riwayat berkunjung ke daerah yang ada positifnya, maka dia termasuk pasien dalam pengawasan," ucap Amalia dalam jumpa pers Selasa (10/3/2020).

Balita ini sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit PKU Kota Yogyakarta. Namun, dirujuk ke RSUP Dr Sardjito.

Baca juga: RSUP Dr Wahidin Makassar Isolasi Seorang Pasien Rujukan dari RSUD Gowa

Setelah menjalani perawatan di RSUP Dr Sardjito, balita ini sudah tidak demam dan tidak sesak napas. Kondisinya juga terus membaik.

Saat ini, rumah sakit masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium Kementerian Kesehatan untuk swap tenggorokan balita itu guna memastikannya tidak terjangkit virus corona.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com