Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Observatorium Bosscha Ditutup

Kompas.com - 13/03/2020, 16:49 WIB
Reni Susanti,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Mulai 15 Maret 2020, Observatorium Bosscha ditutup sementara untuk mencegah penyebaran virus corona yang sudah ditetapkan jadi pandemi global oleh WHO beberapa waktu lalu. 

“Penutupan dilakukan sebagai tindakan preventif penyebaran lokal Coronavirus Disease (Covid-19),” ujar perwakilan Observatorium Bosscha, M Rezky dalam rilis yang diterima Kompas.com, Jumat (13/3/2020).

Rezky mengatakan, penutupan ini dilakukan setelah melalui banyak pertimbangan. Seperti pandemi Covid-19 serta penyebaran virus yang sedang meningkat di Indonesia.

Kemudian, Observatorium Bosscha selama ini menerima pengunjung dari kelompok siswa dan siswi sekolah dalam besar yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca juga: Ridwan Kamil Minta Pemerintah Pusat Beri Informasi soal Pasien Positif Corona

Ketiga, pihaknya memerhatikan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 3 Tahun 2020 serta imbauan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang juga menutup sementara waktu dari kunjungan sekolah.

“Dari berbagai pertimbangan itu, kami memutuskan menghentikan sementara kunjungan publik, terhitung 15 Maret 2020 hingga waktu yang belum dapat ditentukan,” imbuhnya.

Seluruh reservasi kunjungan pada rentang waktu tersebut, sambung Rezky, dengan berat hati di batalkan sepihak. Layanan pendaftaran pun ditutup sejak press release ini diterbitkan, Jumat (13/3/2020).

“Observatorium Bosscha berterimakasih atas dukungan, kerja sama, dan pemakluman dari semua pihak sebagai upaya bersama dalam menjaga kesehatan,” katanya.

Sebab, penutupan ini dilakukan demi kepentingan keselamatan dan kesehatan pengunjung, staf, maupun warga sekitar kawasan observatorium.

Baca juga: Koalisi Masyarakat Sipil Desak Pemerintah Lebih Terbuka soal Corona

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com