Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terima Penghargaan Tertinggi dari UNS, Ma'ruf Amin: Saya Hanya Bagian Kecil

Kompas.com - 11/03/2020, 16:31 WIB
Labib Zamani,
Khairina

Tim Redaksi

 

SOLO, KOMPAS.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menerima penghargaan Parasamya Anugraha Dharma Krida Upa Baksana karena jasanya dalam bidang ekonomi syariah di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah, Rabu (11/3/2020).

Penghargaan itu diberikan oleh Rektor UNS Jamal Wiwoho dalam sidang senat terbuka Dies Natalis ke-44 UNS di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS Jalan Ir Sutami 36A, Kentingan, Jebres, Solo, Jateng.

"Saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada rektor dan seluruh civitas akademika UNS yang pada hari ini memberikan penghargaan (Parasamya Anugraha Dharma Krida Upa Baksana) kepada saya," kata Ma'ruf dalam sambutannya di UNS Solo, Jateng, Rabu.

Baca juga: Ketika Wapres Maruf Amin Gunakan Salam Corona di Munas V Adeksi

Ma'ruf mengatakan, penghargaan ini merupakan tertinggi untuk kepeloporan kemasyarakatan, kemanusiaan, kemajuan, dan pembangunan ekonomi.

"Saya memaknai penghargaan ini karena sumbangan saya dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah," ujarnya.

Pemberian penghargaan ini, katanya, harus disertai ajakan agar UNS betul-betul berkiprah dalam pengembangan ekonomi nasional, khususnya ekonomi syariah.

Karena, dibutuhkan perjalanan panjang untuk menjadikan ekonomi syariah sebagai sumber kemaslahatan umat.

Dirinya mengaku tidak pernah membayangkan akan menerima penghargaan tersebut dari UNS. Bahkan, menurut Ma'ruf penghargaan ini terlalu tinggi terhadap dirinya.

"Saya ini hanya merupakan bagian kecil, dari semua misi besar yang mendorong pengembangan ekonomi syariah," ungkap Ma'ruf.

Baca juga: Wapres Maruf Amin: Wisata Halal Tak Ganggu Warga Non-Muslim

Jamal mengatakan, penghargaan ini merupakan yang tertinggi diberikan UNS kepada tokoh nasional yang berjasa di bidangnya.

Dia menambahkan aksi nyata yang telah diberikan oleh mantan anggota dewan pertimbangan Presiden 2007-2014 itu adalah menggerakkan ekonomi syariah di Indonesia.

Di samping itu, UNS memiliki kerja sama baik dengan komite nasional dan keuangan syariah dalam mengembangkan Tri Dharma perguruan tinggi di bidang keuangan dan ekonomi syariah.

"Jadi, ini yang menjadi pertimbangan kami dalam memberikan penghargaan kepada beliau," ucap Jamal.

"Kami telah mempelajari rekam jejak beliau di bidang ekonomi syariah sebagai hasil dari perpaduan pemikiran khas pesantren dan tantangan ekonomi modern," katanya menambahkan.

Penghargaan Parasamya Anugraha Dharma Krida Upa Baksana yang diberikan UNS kepada Wapres Ma'ruf Amin tersebut berupa lencana dan piagam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com