Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raja dan Ratu Belanda Batal Berkunjung ke Kalimantan Tengah

Kompas.com - 11/03/2020, 12:25 WIB
Teuku Muhammad Valdy Arief

Editor

Sumber Antara

PALANGKARAYA, KOMPAS.com- Rencana kunjungan Raja Belanda Willem Alexander dan Ratu Belanda Maxima Zorreguieta Cerruti ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah dibatalkan.

Semula Raja Willem dan Ratu Maxima dijadwalkan mengunjungi Kalimantan Tengah dalam rangkaian kunjungan mereka di Indonesia.

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengatakan, pembatalan dilakukan setelah adanya kecelakaan yang melibatkan perahu rombongan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) di Sungai Sebangau.

"Rencana kunjungan Raja dan Ratu Belanda ke Kalteng dibatalkan karena kita sedang berduka dengan meninggalnya para abdi negara," kata Sugianto Sabran di Palangkaraya, Selasa (10/3/2020).

Baca juga: Raja Belanda Datang ke Indonesia, Ini Tempat Wisata yang Dikunjungi

Pembatalan itu, disebut Sugianto, sudah dibahas dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar saat melayat ke rumah petugas Taman Nasional Sebangau yang jadi korban kecelakaan di Sungai Sebangau.

Sugianto juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri terkait pembatalan kunjungan Raja dan Ratu Belanda.

Kerajaan Belanda juga telah menyampaikan turut berbelasungkawa atas musibah yang terjadi.

"Kami yang menyampaikan ke sana bahwa kondisinya sedang berduka. Jangan cari pihak mana yang membatalkan, bahwa keadaannya sedang berduka dan sudah terjadi," tegas Sugianto.

"Mengenai rencana penjadwalan ulang, mudah-mudahan mereka bisa menjadwalkan ulang untuk berkunjung ke Kalteng," sambungnya.

Baca juga: Cerita Sejarawan UGM yang Ikut Verifikasi Keris Pangeran Diponegoro di Belanda

Pada Senin (9/3/2020) terjadi kecelakaan yang melibatkan perahu rombongan Paspampres dan perahu milik Taman Nasional Sebangau.

Rombongan Paspampres berada di Sungai Sebangau untuk mempersiapkan pengamanan kunjungan Raja dan Ratu Belanda.

Dari 27 orang penumpang dua perahu itu, tujuh di antaranya tewas. Termasuk Dandim Kuala Kapuas Letkol Bambang Kristianto Bawono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com