Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dandim Kuala Kapuas Dimakamkan di TMP Ratna Bantala Klaten

Kompas.com - 10/03/2020, 18:34 WIB
Labib Zamani,
Dony Aprian

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Jenazah Dandim 1011/Kuala Kapuas Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ratna Bantala Kunden, Punden, Sumberejo, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Selasa (10/3/2020) sore.

Prosesi pemakaman dilaksanakan secara militer dipimpin Panglima Kodam (Pangdam) IV/ Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi.

Jenazah Letkol Bambang tiba di TMP Ratna Bantala pukul 16.00 WIB dengan menggunakan mobil ambulans militer.

Baca juga: Fakta Lengkap Kecelakaan Speedboat Paspampres di Sungai Sebangau, 6 Tewas, Satu Di Antaranya Dandim Kuala Kapuas

Setelah itu, peti jenazah Letkol Bambang dikeluarkan oleh prajurit TNI dan dibawa masuk ke TMP Ratna Bantala untuk dimakamkan.

Keluarga termasuk istri almarhum, Sinta Nugrahaini dan kedua anaknya, Samuel dan Lala hadir dalam prosesi pemakaman.

Sebelum dibawa menuju peristirahatan terakhirnya di TMP Ratna Bantala Klaten, keluarga menggelar upacara kebaktian di rumah duka Desa Manjung RT 003, RW 001, Kecamatan Ngawen, Klaten, Jawa Tengah diikuti jemaat GKJ Ketandan Klaten.

Suasana haru terasa ketika peti jenazah almarhum Letkol Bambang pelan-pelan dimasukkan ke liang lahat.

Isak tangis terdengar dari anak kedua almarhum bernama Lala.

"Anaknya yang kedua (Lala) tadi menangis," kata juru bicara keluarga almarhum, Heru Watoro (53) seusai mengikuti prosesi pemakaman.

Baca juga: Penjelasan Lengkap TNI soal Kecelakaan Speedboat Paspampres yang Tewaskan Dandim Kuala Kapuas

Heru mengatakan, awalnya keluarga tidak tahu salah satu penumpang speedboat rombongan Paspampres yang hilang di Sungai Sebangau, Palangkaraya, Kalimantan Tengah itu adalah Letkol Bambang.

"Awalnya tidak percaya dan mudah-mudahan tidak. Dan ternyata nama tersebut benar. Sore hari itu ada berita benar bahwa jenazah yang belum ditemukan adalah saudara kami Bambang," terang dia.

Sebelumnya diberitakan, Dandim 1011/Kuala Kapuas Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono ditemukan dalam keadaan tewas di Sungai Sebangau, Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Bambang merupakan salah satu penumpang speedboat rombongan Paspampres yang terbalik akibat kecelakaan, Senin (9/3/2020) sekitar 12.00 WIB.

Bambang sempat dinyatakan hilang setelah terjadi tabrakan perahu milik Taman Nasional Sebangau dengan perahu yang membawa rombongan Paspampres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com