Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumpun Keluarga Ini Hibahkan Tanah Adat 3,6 Ha untuk TNI

Kompas.com - 10/03/2020, 16:45 WIB
Amran Amir,
Khairina

Tim Redaksi

TORAJA UTARA, KOMPAS.com  - Di tengah sulitnya mendapatkan tanah atau lahan di Toraja Utara, justru sebuah rumpun keluarga besar Tongkonan Sa'ku, di Lembang Sumalu, Kecamatan Rantebua, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, menghibahkan tanah adatnya kepada TNI, Senin (9/3/2020) siang.

Penyerahan hibah tanah adat ini dilakukan keluarga besar Tongkonan Sa'ku kepada Danrem 142 Tatag yang diwakili Dandim 1414 Tana Toraja Letkol CZI Zaenal Arifin.

Kepala Lembang Sumalu, Lungan Tandirura, yang juga keluarga dari Tongkonan Sa'ku ini mengatakan, hibah tanah adat ini dilakukan secara ikhlas.

“Ini merupakan wujud kecintaan kami kepada NKRI, karena TNI adalah salah satu penjaga NKRI, dan keluarga besar juga berharap TNI bisa memanfaatkan dengan baik, Tanah adat yang dihibahkan yakni untuk lapangan tembak dan bumi perkemahan seluas 3,5 hektare, Pos Koramil seluas 1.500 meter persegi, dan mesjid seluas 1.800 meter persegi,” kata Lungan Tandirura.

Baca juga: KPK Hibahkan Tanah dan Bangunan Milik Djoko Susilo ke Pemkot Surakarta

Lungan berharap, dengan dihibahkannya tanah tersebut bisa membantu pembangunan di Lembang/Desa yang ada di perbatasan Toraja Utara dengan Kabupaten Luwu. 

Sementara Dandim 1414 Tana Toraja Letkol CZI Zaenal Arifin menyampaikan terima kasih atas bantuan hibah tanah dari masyarakat Lembang Sumalu dan khususnya bagi keluarga besar Tongkonan Sa'ku. TNI akan tetap terus membangun kerja sama dengan masyarakat di daerah perbatasan ini.

"Atas nama Kodam XIV Hasanuddin dan Korem 142 Tatag kami sangat bersykur atas hibah tanah untuk lapangan tembak, dan pos Koramil dari keluarga besar Tongkonan Sa'ku. Selain lapangan tembak, tanah yang dihibahkan ini akan kami jadikan bumi perkemahan Saka Wirakartika, dan komitmen kami akan terus kembangkan kerjasama dengan masyarakat di daerah perbatasan, yakin daerah ini akan ramai," ucap Letkol CZI Zaenal Arifin.

Dalam prosesi pemberian hibah tanah juga dilaksanakan prosesi adat penerimaan Letkol CZI Zaenal Arifin, sebagai anggota keluarga besar Tongkonan Sa'ku.

Baca juga: Kakek 84 Tahun Rela Hibahkan Tanah demi Jalan Tembus Antar-Kampung

Pihak Keluarga besar Tongkonan Sa'ku yang diwakili H. Abdul Hafid, dan Tangke Lobo, mengatakan hibah tanah adat kepada TNI ini menjadi catatan sejarah tersendiri bagi rumpun keluarga besar Tongkonan Sa'ku.

"Dua catatan sejarah bagi kami keluarga Tongkonan Sa'ku yakni menghibahkan tanah adat bagi TNI dan menerima Letkol CZI Zaenal Arifin sebagai anggota keluarga besar Tongkonan Sa'ku," ujar Abdul Hafid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com