Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Karhutla, Sumsel Siapkan 700 Sumur Bor dan Sekat Kanal Senilai Rp 31 M

Kompas.com - 10/03/2020, 10:52 WIB
Aji YK Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Badan Restorasi Gambut (BRG) Republik Indonesia menyiapkan sebanyak 700 sumur bor serta 150 sekat kanal untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) hingga menyebabkan bencana kabut asap.

Sumur bor dan sekat kanal tersebut dibangun di lima wilayah titik rawan karhutla serta lahan gambut yakni Musi Banyuasin (Muba), Banyuasin, Musi Rawas Utara (Muratara), Ogan Komering Ilir (OKI) dan Ogan Ilir (OI). 

Kasubpokja Sumatera Selatan dari BRG-RI, Dr Onesimus Patiung mengatakan, apada tahun ini musim kemarau diperkirakan akan berlangsung panjang.

Selain itu, pada 2019 lalu, Sumatera Selatan mengalami bencana karhutla yang mengakibatkan kondisi udara di kota Palembang berada di level berbahaya.

"Sumur bor dan kanal ini menjadi langkah bagi pencegahan karhutla mengingat saat terjadi kebakaran tim di lapangan akan kesulitan mencari air. Kita targetkan tahun ini membangun 700 sumur bor dan 150 sekat kanal,"kata Onesimus, di Palembang, Senin (9/3/2020).

Baca juga: KLHK Kirim Satu Helikopter ke Riau Padamkan Karhutla

Anggaran Rp 31 miliar dari APBN

Onesimus menjelaskan, anggaran pembangunan sumur bor dan sekat kanal tersebut sebesar Rp 31 miliar dengan menggunakan dana APBN.

Meskipun pencegahan dini telah dilakukan, ia berharap dukungan semua pihak terutama pemerintah setempat untuk menghadapi bencana tahunan tersebut.

"Ada wilayah gambut di dalam konsesi perkebunan, pihak perkebunan juga diminta untuk melakukan tindakan pencegahan," ujarnya.

Baca juga: Jokowi: Kalau Ada Karhutla, Tak Bisa Copot Wali Kota, Bupati, dan Gubernur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com