KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang

Konsep Bergerak Bersama Kota Semarang Diapresiasi Indonesia Visionary Leader

Kompas.com - 04/03/2020, 17:25 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menerima penghargaan untuk penataan dan inovasi pembangunan kota yang digarapnya bersama seluruh komponen masyarakat.

Sekretaris Daerah Kota Semarang Iswar Aminudin mewakili Hendrar menerima penghargaan dari ajang Local Leader Forum pada malam Inagurasi Indonesia Visionary Leader (IVL) musim kelima dan enam, Kamis (27/2/2020).

Iswar mengungkapkan, capaian ini menjadi sebuah penghargaan sekaligus pengakuan dari pihak luar atas kinerja dan kerja keras pemerintah serta masyarakat Semarang dalam membangun kota.

“Ini berarti konsep Bergerak Bersama terbukti telah menggerakkan semua pihak untuk berkontribusi positif bagi pembangunan Kota Semarang sehingga berbagai lompatan pembangunan dapat tercapai,” ujarnya.

Baca juga: Kronologi Penangkapan Penimbun Masker dan Antiseptik di Semarang, Terlacak di Medsos

Lebih lanjut, Iswar pun optimistis konsep pembangunan Bergerak Bersama dapat terus diterapkan untuk Kota Semarang yang semakin hebat.

Sementara itu, Wali Kota yang akrab disapa Hendi itu sebelumnya telah menjalani proses penilaian dari para panelis yang sangat kompeten di bidangnya.

Para panelis tersebut, di antaranya, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Akmal Malik, Rektor Universitas Paramadina Firmanzah, dan Ketua Pembina Indonesia Institute For Corporate Directorship.

Selain itu, ada pula nama, seperti Direktur Eksekutif The Political Literacy Institute dan Pakar Komunikasi Politik Universitas Islam Negeri Jakarta, Gun Gun Heryanto.

Ajang untuk pembuktian visi

Perlu diketahui, IVL adalah ajang bagi para pemimpin daerah untuk membuktikan kekuatan visi kepemimpinannya.

Baca juga: Hendrar Prihadi: LPE Kota Semarang di Atas Provinsi dan Nasional

Pada ajang kali ini, 24 kepala daerah menerima penghargaan atas upaya pengembangan wilayahnya.

Melalui IVL, diharapkan bobot dari pemimpin daerah semakin kuat dan siap berkompetisi secara nasional.

CEO Sindo Media Sururi Alfaruq, dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada para kepala daerah yang telah memberikan visi misi terbaik untuk kemajuan daerahnya dalam IVL.

“Ini sebuah penghargaan yang diberikan oleh SINDO Media sebagai bagian untuk melahirkan leader-leader dari daerah untuk nasional,” ujarnya seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Lagi, Semarang Jadi Kota Pembangunan Manusia Terbaik di Jawa Tengah

Penyelenggaraan IVL 2020 ini pun menjadi yang kelima kali digelar sejak sejak 2017 lalu.

Bersamaan dengan malam inagurasi, dilaksanakan pula peluncuran buku IVL yang diterbitkan SINDO dan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri.

Melalui ajang ini, diharapkan gagasan atau visi dari 24 kepala daerah terpilih bisa memberi inspirasi kepada kepala daerah lain serta generasi muda yang akan membaca buku IVL.

Susuri menyebut, negara ini membutuhkan banyak orang hebat dari daerah.

“Dengan berkualitasnya para leader di daerah, tentu akan membuat daerahnya makin maju makin berkembang pesat sehingga tidak ada lagi disparitas antara Jakarta dengan daerah,” lanjutnya.

Baca juga: Menjaga Roh Kesetaraan Gender Lewat Pentas Wayang Orang di Semarang

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com