Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampel Darah Pasien Suspect Corona di Ruang Isolasi RSUD Cianjur Dikirim ke Jakarta

Kompas.com - 04/03/2020, 07:55 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Seorang pasien yang mengalami gejala mirip dengan virus corona atau Covid-19 masih dirawat di ruang isolasi RSUD Sayang Cianjur, Jawa Barat.

Pihak rumah sakit, disampaikan plt Bupati Cianjur Herman Suherman, telah mengirimkan sampel darah ke Litbangkes Kemenkes RI untuk diuji labolatorium.

“Kalau hasil observasi sementara oleh tim medis di sini, tidak mengarah ke sana (suspect virus corona). Namun, kehati-hatian tentu perlu dilakukan,” kata Herman kepada Kompas.com di Pendopo, Selasa (3/3/2020) petang.

Baca juga: 4 Fakta Penting Meninggalnya Pasien Suspect Corona di Cianjur, Negatif Covid-19

Apalagi, selain mengalami gejala seperti demam, batuk dan sesak, pasien yang bekerja di sebuah restoran China di Jakarta itu punya riwayat kontak dengan warna negara asing (WNA) dari China.

"Namun tentunya kita berharap hasilnya nanti negatif, agar Cianjur bisa benar-benar bebas dari ancaman virus corona," ujar dia.

Herman juga akan segera mengirimkan surat kepada semua manajemen rumah sakit yang ada di Cianjur agar menyiapkan ruang khusus dalam menghadapi wabah virus corona atau Covid-19 ini.

Baca juga: [POPULER NUSANTARA] Pasien Meninggal di Cianjur Negatif Virus Corona | Gunung Merapi Kembali Meletus

Puskesmas siaga

"Sejauh ini baru RSUD yang sudah ada (ruang isolasi). Kalau untuk puskesmas-puskesmas kita sudah instruksikan siaga penuh," ucap Herman

Sebelumnya diberitakan, seorang pasien RSUD Sayang Cianjur, Jawa Barat diisolasi di ruangan khusus setelah mengalami gejala yang mirip dengan gejala virus corona atau Covid-19.

Baca juga: Pasien yang Meninggal di Cianjur Negatif Corona, Tim Medis Diminta Tetap Siaga

Pasien berjenis kelamin laki-laki berusia 40 tahun itu masih menjalani observasi dan pemeriksaan intensif tim medis.

Namun, berdasarkan pemeriksaan awal dari pihak Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (KPPI), sejauh ini, pasien tidak mengarah ke indikasi suspect virus corona.

Baca juga: Bukan karena Virus Corona, Pasien Asal Bekasi yang Meninggal di Cianjur Menderita Penyakit Dalam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com