Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Rumah Sakit Rujukan Penanganan Corona, RSUD Padang Sidempuan Siapkan 4 Ruang Isolasi

Kompas.com - 03/03/2020, 22:41 WIB
Oryza Pasaribu,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PADANG SIDEMPUAN, KOMPAS.com - Dari 100 rumah sakit se-Indonesia yang ditetapkan Kemenkes RI sebagai rujukan untuk penanganan pasien corona, salah satunya adalah Rumah Sakit Umum Daerah Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara.

Menyikapi itu, pihak rumah sakit akan menyiapkan sedikitnya empat ruang isolasi.

Baca juga: Antisipasi Virus Corona, Sumsel Bentuk Satgas dan Siapkan Tempat Karantina

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Padang Sidempuan Elvi Junianti Hasibuan mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum mendapat laporan ada tidaknya warga yang suspect maupun positif terjangkit virus corona.

"Sampai saat ini belum ada warga kita yang suspect apalagi positif virus corona," ujar Elvi yang dikonfirmasi lewat pesan singkat, Selasa (3/3/2020).

Namun, kata Elvi, sesuai dengan ketetapan Kemenkes RI, RSUD Kota Padang Sidempuan menjadi salah satu rumah sakit rujukan dari 100 rumah sakit di Indonesia dan lima rumah sakit di Sumatera Utara untuk penanganan pasien terjangkit virus corona.

"Untuk penanganan pasien corona, RSUD Kota Padang Sidempuan menjadi salah satu rumah sakit rujukan," ujar Elvi.

Ada pun lima rumah sakit yang dijadikan penanganan pasien corona di Sumatera Utara yaitu, RS H Adam Malik di Medan, RS Kabanjahe, RS Pematang Siantar, RS Tarutung dan RS Padang Sidempuan.

Sementara itu, Direktur RSUD Kota Padang Sidempuan Tetty Rumondang mengatakan, menanggapi ketetapan Kemenkes RI tersebut, pihaknya akan menyiapkan sedikitnya empat ruangan untuk pasien suspect maupun positif virus corona yang terinfeksi virus corona.

"Ini saya lagi rapat di Medan rapat terkait itu. Kita lagi membahasnya. Jadi, saat ini kita (rumah sakit) masih mempersiapkan ruangan yang akan dijadikan untuk pasien itu," ujar Tetty lewat sambungan telepon.

Adapun empat ruangan yang akan disiapkan tersebut, kata Tetty, bekas kamar yang sebelumnya digunakan sebagai tempat tinggal dokter-dokter muda yang bertugas di RSUD Kota Padang Sidempuan.

Kemudian, kata Tetty, pihaknya akan memberangkatkan petugas medis ke Kementerian Kesehatan RI, untuk mengikuti pelatihan serta mengambil sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

" Sampai saat ini masih proses penyiapan ruangan, untuk pengobatan dan tindakan medisnya belum. Kelengkapan medisnya pun belum ada. Minggu depan akan kita kirim dokter du orang, dokter spesialis paru-paru dan dokter spesialis penyakit dalam serta 1 orang petugas laboratorium," ucap Direktur RSUD ini.

Tetty mengimbau kepada seluruh masyarakat agar jangan panik dan khawatir dan tetap menerapkan tips kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

"Kalau di wilayah kita sampai sekarang belum ada kasus itu, walaupun begitu kita harus siap-siap, karena begitu cepatnya lalu lintas manusia. Kita pelan-pelan menyiapkannya. Sarana prasarana kita masih berharap dari Kemenkes.

Baca juga: Batuk dan Panas Tinggi Usai Umrah, Warga Sumsel Dirawat di Ruang Isolasi

Sebelumnya, dikutip dari akun Instagram @humassumut, Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah meminta semua petugas kesehatan yang ada di Sumut senantasa siap dalam menghadapi penyebaran coronavirus atau Covid-19 di daerah ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com