Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batuk dan Panas Tinggi Usai Umrah, Warga Sumsel Dirawat di Ruang Isolasi

Kompas.com - 03/03/2020, 16:47 WIB
Aji YK Putra,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com- Seorang laki-laki warga Prabumulih, Sumatera Selatan, berinisal M (64) dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Palembang.

Sebelumnya, M baru kembali dari perjalanan umrah di Arab Saudi.

M dirujuk ke RSMH Palembang, lantaran mengalami batuk, sesak napas serta demam tinggi ketika tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Selasa (3/3/2020).

Baca juga: Antisipasi Corona, RSUD Tangerang Tambah 3 Ruang Isolasi

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Palembang Nur Purwoko Widodo mengatakan, dari hasil laporan yang ia terima, suhu tubuh M lebih dari 38 derajat celsius.

Selain itu, beradasarkan analisis awal, M terindikasi terkena suspect MERS.

"Sampai saat ini Saudi itu belum ada laporan yang menderita corona. Tapi kasus MERS juga belum ditutup, kami curiganya, diagnosa kerjanya mengarah ke suspect MERS," kata Nur saat dikonfirmasi.

Baca juga: Banyak Pasien Berobat dan Minta Surat Bebas Corona di RSHS Bandung

Menurut Nur, seluruh penumpang pesawat Lion Air yang terbang bersama M telah diberikan  health alert card (HAC), untuk memantau keadaan mereka.

"Dirujuk hanya satu penumpang, yang lain sudah diperbolehkan pulang," ujar Nur.

Baca juga: Arab Saudi Umumkan Kasus Positif Virus Corona

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi mengumumkan ada satu kasus virus corona yang pertama di negara mereka pada Senin kemarin.

Dikutip dari kantor berita SPA via Arab News, pasien yang positif virus corona disebut melakukan perjalanan dari Iran melalui Bahrain.

Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengatakan, dalam rangka tindakan pencegahan, pihaknya telah mengirim tim untuk menyelidiki dan mengambil sampel pasien tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com