Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Jurus Tangkal Virus Corona ala Ganjar Pranowo

Kompas.com - 02/03/2020, 23:22 WIB
Riska Farasonalia,
Khairina

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membagikan kiat-kiat khusus kepada masyarakat dalam mengantisipasi penularan virus corona yang telah masuk ke Indonesia pada Senin (2/3/2020).

Menurut Ganjar, langkah-langkah paling mendasar yang perlu dilakukan adalah pertahanan diri.

Pertahanan diri yang dimaksud antara lain meningkatkan kewaspadaan personal dengan cara mencuci tangan dengan air dan menggunakan antiseptik.

Baca juga: Pelesiran ke Korsel, 9 Warga Pontianak Diminta Isolasi Diri Sendiri

Hal tersebut penting dilakukan setiap kali menyentuh barang di area public space, seperti tangga, pegangan bus, uang, dan sebagainya.

"Ini cara paling mendasar yang mesti dipahami dan dilakukan oleh masyarakat. Jaga kebersihan, olahraga dan diperbanyak konsumsi buah dan sayuran," kata Ganjar.

Selain itu, Ganjar berharap kepada masyarakat untuk turut aktif melaporkan ke pemerintah, melalui kantor-kantor pemerintahan terdekat jika mengalami gejala-gejala terjangkit virus corona seperti batuk, pilek, dan demam.

"Maka ini penting untuk meningkatkan sosialisasi promotif dan preventif kepada masyarakat melalui berbagai media serta mengintensifkan koordinasi, sistem informasi dan jejaring dengan berbagai pemangku kepentingan," kata Ganjar.

Baca juga: 2 WNI Positif Virus Corona, Ganjar Pranowo: Warga Jateng Jangan Panik

Sebelumnya diberitakan, Pemprov Jateng juga akan menyediakan satu rumah sakit khusus di Jawa Tengah sebagai upaya penanganan pasien suspect ataupun positif terinfeksi virus corona.

Hal tersebut menyusul adanya pengumuman dari Presiden Joko Widodo terkait dua WNI asal Depok yaitu seorang ibu dan anaknya yang positif terinfeksi virus corona.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan, apabila terjadi ledakan jumlah pasien suspect dan atau positif Covid-19 maka pihaknya menyediakan satu rumah sakit khusus milik Pemerintah Jateng.

"Hal tersebut menindaklanjuti adanya rilis resmi dari pemerintah pada hari Senin tanggal 2 Maret 2020 yang menyatakan bahwa terdapat dua orang pasien yang positif Covid-19. Maka Pemprov Jateng telah mengantisipasi dan meningkatkan kewaspadaan serta mempersiapkan langkah-langkah taktis dan strategis," ujar Yulianto saat dikonfirmasi, Senin (2/3/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com