Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Virus Corona, Kapal Asing yang Tidak Buat Pemberitahuan ke Pemda Lembata Dilarang Berlabuh

Kompas.com - 02/03/2020, 16:38 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Pemerintah Daerah Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), melarang kapal asing masuk ke wilayah itu tanpa pemberitahuan.

Wakil Bupati Lembata Thomas Ola langoday, mengatakan, pihaknya menolak kapal asing masuk ke wilayah perairannya, untuk mencegah masuknya virus corona.

Baca juga: Dua Warga Positif Corona, Kepala Dinkes Jabar: Doakan Kami Diberi Kekuatan dan Kesehatan Saat Bertugas

"Pemda tidak menolak wisatawan asing masuk Lembata. Yang benar adalah Pemda melarang kapal asing yang tidak melakukan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pemda Lembata untuk berlabuh dan menurunkan penumpang di sepanjang perairan Lembata," kata Thomas, kepada Kompas.com, Senin (2/3/2020).

Kekhawatiran itu, lanjut Thomas, karena virus mematikan itu telah masuk ke wilayah Indonesia.

Thomas mengaku, pihaknya mempunyai fasilitas kesehatan yang sangat minim dan sulit mendeteksi apakah penumpang kapal asing tersebut bebas virus corona atau tidak.

"Kedatangan mereka mungkin hanya 10 jam. Tetapi jika membawa virus corona, maka yang menderita adalah rakyat Lembata. Sekali virus itu ada di Lembata, maka kami menutup pintu dalam jangka panjang bagi wisatawan untuk mengunjungi Lembata," ujar dia.

Baca juga: Ridwan Kamil: Pak Menkes Yakini Corona Tak Ada di Rumah 2 Warga Depok

Jika ini terjadi, kata Thomas, maka risikonya besar dan berkepanjangan.

"Ini yang kami jaga. Kami melakukan upaya pencegahan. Mencegah lebih bagus daripada mengobati. Terbukti, hari ini dua orang Indonesia sudah terjangkit virus corona. Mau menyesal? Tidak ada gunanya," tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com