Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Umumkan Dua Positif Corona, Bali Data Jumlah Ruang Isolasi

Kompas.com - 02/03/2020, 14:11 WIB
Kontributor Banyuwangi, Imam Rosidin,
Dheri Agriesta

Tim Redaksi

DENPASAR, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo mengumumkan dua orang warga negara Indonesia (WN) yang positif terjangkit virus corona Covid-19.

Penderita virus corona yang tinggal di wilayah Depok, Jawa Barat, itu telah diisolasi di Rumah Sakit Pusat Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati mengatakan, pihaknya akan menyiapkan langkah mitigasi atau pencegahan virus corona di Bali

Baca juga: Indonesia Positif Corona, Warga Jakarta Diimbau Rajin Cuci Tangan dan Gunakan Masker

Pemprov Bali, kata dia, sedang mendata jumlah ruang isolasi yang ada di Bali. Pria yang akrab disapa Cok Ace itu mengaku belum mendapatkan angka pasti terkait jumlah itu.

"Sedang kita data pasti angkanya, karena ini tersebar baik di rumah sakit pemerintah dan swasta di masing-masing kabupaten," kata Cok Ace saat ditemui di Denpasar, Senin (2/3/2020) siang.

Menurutnya, sebagian besar rumah sakit milik pemerintah dan swasta di Bali memiliki ruang isolasi untuk pasien virus corona.

"Kita perlu mendata lebih pasti, mudahan tak terjadi (di Bali)," imbuhnya.

Pemprov Bali sedang menyusun strategi antisipasi jika ditemukan kasus positif virus corona. Ia berharap strategi itu akan selesai dalam waktu dekat.

"Kami memikirkan sekarang untuk melihat Plan B, seandainya terjadi, apa yang akan kita lalukan. Sedang kita susun hari ini mudah-udahan besok sudah selesai," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebutkan, dua orang warga negara Indonesia (WNI) yang positif virus corona tinggal di wilayah Depok, Jawa Barat.

Menurut Terawan, dua orang tersebut merupakan ibu 64 tahun dan putrinya 31 tahun.

Keduanya tertular dari warga negara Jepang yang berkunjung ke rumah mereka di Depok.

Warga Jepang itu baru terdeteksi positif corona setelah meninggalkan Indonesia dan tiba di Malaysia.

Baca juga: Soal Riwayat Perjalanan Turis Jepang yang Tularkan Corona ke WNI, Ini Kata KKP Bandara Soetta

Setelah itu, Kemenkes melakukan penelusuran dan dipastikan ibu dan anak yang melakukan kontak dengan warga Jepang itu juga positif corona.

Saat ini, kata Terawan, dua warga yang dinyatakan positif virus corona atau Covid-19 itu tengah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

“(Sekarang dirawat) di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso di ruang khusus yang tidak terkontak dengan yang lain,” ucap Terawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com