Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukit Girijaya Bogor Longsor, Akses Jalan Jonggol-Cikalong Terputus

Kompas.com - 01/03/2020, 17:34 WIB
Afdhalul Ikhsan,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Bogor menyebabkan Jalan Transyogi Tanjungsari-Cianjur, Kampung Girijaya RT 008 RW 004, Desa Sirnarasa, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, longsor pada Sabtu (29/02/2020) malam.

Akibatnya, jalur utama Bogor-Cianjur via Jonggol lumpuh total sehingga tidak dapat dilintasi.

Bahkan, longsor di tebing Bukit Girijaya itu juga berdampak pada jembatan dan gorong-gorong yang amblas hingga sekitar 60 sentimeter.

Baca juga: Pencarian Korban Tertimbun Longsor Tasikmalaya Terkendala Cuaca

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor, M Adam Hamdani mengatakan, untuk sementara jalan yang menghubungkan lokasi antar-kecamatan itu ditutup total karena akses jalan terputus.

"Iya benar, longsor di jalan Jonggol-Cikalong (Cianjur) dan jalan putus total akibat longsoran dari bukit (Girijaya) itu dan menutupi jalan sampai sekarang," ujar Adam, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (1/3/2020).

"Karena hujannya deras mengakibatkan tebingan itu bergerak (longsor) setinggi 50 meter dan lebarnya 150 meter hingga menutup akses jalan dan amblasnya jembatan," sambung dia.

Adam menyebut, longsor itu disebabkan hujan dan tanah di bukit tersebut labil. Berdasarkan laporan assesmen, lanjut dia, tak ada korban jiwa begitupun dengan rumah warga.

"Korban enggak ada dan penyebabnya karena hujan ditambah lagi tanah di bukit itu tidak stabil," ungkap dia.

Sementara itu, Kapolsek Tanjungsari Iptu Muhaemin menuturkan, upaya serta respons yang cepat dilakukan oleh Polsek Tanjungsari dengan dibantu pihak pemerintah setempat untuk melakukan rekayasa arus lalu lintas yang menuju arah Bogor dan Cianjur secara bergantian.

"Hingga saat ini, kami masih melakukan upaya rekayasa arus lalu lintas dengan dibantu oleh warga setempat dan pihak Pemerintah Kecamatan Tanjungsari, agar tidak terjadinya kemacetan berkepanjangan," tutur dia.

Baca juga: Tim Gabungan dan Alat Berat Dikerahkan Cari Pengendara Motor yang Tertimbun Longsor di Tasikmalaya

Menurutnya, amblasnya jalan utama itu membuat kendaraan tak dapat melintas. Sehingga, kondisi ini memaksa pengguna jalan berbalik arah dan mencari jalan alternatif.

Sejauh ini, jalur lalu lintas dialihkan ke arah Cikarang dan Sukamakmur atau Puncak Dua.

Untuk itu, masyarakat diimbau waspada saat melintasi jalur yang termasuk kategori rawan karena berada di tebingan.

Ia juga mengaku bahwa alat berat sudah dikerahkan guna memperbaiki jalan amblas tersebut.

"Kami pun telah melaporkan hal ini kepada pihak Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bogor agar turut dapat membantu memperbaiki jalur yang amblas karena derasnya air hujan," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com