Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Amir, Penjual Sayur Keliling yang Jadi Sarjana dengan IPK 3,36

Kompas.com - 01/03/2020, 14:52 WIB
Labib Zamani,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

KARANGANYAR, KOMPAS.com - Amirudin (28), pemuda yang sehari-hari berjualan sayur keliling di Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah tak menyangka bisa menyelesaikan pendidikan strata satunya.

Warga Desa Wukirsawit, Jatiyoso, Karanganyar meraih gelar sarjana dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,36 di Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Kota Surakarta, Jawa Tengah pada Sabtu (29/2/2020).

Amir, panggilan akrabnya, sudah lama berjualan sayur keliling di Jatiyoso. Pekerjaan itu sudah dia geluti sejak 2009 tepatnya setelah dirinya pulang merantau dari Jakarta.

Dia ingin sekali melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca juga: Cerita Pedagang Bakso Keliling, Jatuh Bangun Sekolahkan Anak hingga Sarjana

Karena keluarganya bukan merupakan orang berada, membuat Amir harus berjuang demi mewujudkan cita-citanya itu dengan berjualan sayur keliling.

Ayahnya bernama Suwarno hanya bekerja sebagai buruh serabutan, sehingga hasilnya tidak menentu. Sedang ibunya Warsi sudah meninggal.

Dengan demikian, hasil dari berjualan sayur keliling dia kumpulkan. Sebagian dia gunakan untuk membeli hewan ternak seperti kambing dan sapi sebagai persiapan untuk modal masuk kuliah.

Setelah hewan ternaknya besar, Amir lalu menjualnya. Uang hasil dari menjual hewan ternak itu dia gunakan sebagai biaya masuk kuliah.

Baca juga: Gara-gara Tanggal Wisuda, Calon Sarjana Usia 9 Tahun Ini Keluar dari Universitas

Amir mendaftar kuliah ke UTP Kota Surakarta pada 2014 dengan mengambil Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com